Vaksin Covid-19 Sinovac Mulai Digunakan untuk Warga Tiongkok

    Fajar Nugraha - 16 Oktober 2020 15:55 WIB
    Vaksin Covid-19 Sinovac Mulai Digunakan untuk Warga Tiongkok
    Vaksin covid-19 keluaran Sinovac yang masih dalam uji Fase Tiga. Foto: AFP
    Beijing: Vaksin covid-19 eksperimental dengan dosis ganda sudah tersedia untuk digunakan oleh beberapa penduduk di kota timur Tiongkok. Namun efektivitas dari vaksin ini masih belum terbukti.

    Vaksin seharga 400 Yuan atau Rp878 ribu itu didistribusikan ke warga dengan ‘kebutuhan mendesak’ di Kota Jiaxing. Pejabat Kota Jiaxing pada Kamis 15 Oktober 2020 mengatakan bahwa penduduk berusia antara 18 hingga 59 tahun, dapat melakukan konsultasi di klinik untuk vaksin keluaran Biotek Sinovac.

    Menurut pejabat tersebut, vaksin virus korona dari Sinovac ini sudah diberikan kepada kelompok warga yang rentan seperti pekerja medis.

    Pernyataan dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) di Jiaxing, yang terletak di Provinsi Zhejiang, tidak menyebutkan secara spesifik apa yang dimaksud dengan ‘kebutuhan mendesak’.

    “Pihak berwenang tidak mengatakan berapa banyak orang di kota yang telah diberi vaksin, yang tersedia dalam dua dosis. Vaksin itu diberikan hingga 28 hari dan menelan biaya total 400 yuan,” laporan dari AFP, Jumat 16 Oktober 2020.

    Menurut para pejabat setempat, pemerintah Tiongkok telah memberi ratusan ribu pekerja penting di pelabuhan, rumah sakit dan daerah berisiko tinggi lainnya di seluruh negeri sebuah vaksin eksperimental.

    “Tetapi bahkan saat 11 vaksin Tiongkok telah memasuki uji klinis -,dengan empat dalam uji coba Fase Tiga lanjutan,- tidak ada yang disetujui untuk distribusi pasar massal,” sebut pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id