ISIS-K Klaim Ledakan di Masjid Afghanistan yang Tewaskan 41 Orang

    Marcheilla Ariesta - 16 Oktober 2021 11:31 WIB
    ISIS-K Klaim Ledakan di Masjid Afghanistan yang Tewaskan 41 Orang
    Warga membersihkan serpihan kaca di lokasi bom bunuh diri di sebuah masjid di Kandahar, Afghanistan, 15 Oktober 2021. (AFP/Javed Tanveer)



    Kandahar: Korban tewas akibat ledakan di sebuah masjid Afghanistan kembali bertambah menjadi 41 orang. Kelompok Islamic State Khorasan (ISIS-K) mengklaim bertanggung jawab atas insiden ini.

    Ledakan terjadi di sebuah masjid Syiah di kota Kandahar, Afghanistan selama pelaksanaan salat Jumat. Gambar dari dalam masjid Bibi Fatima menunjukkan jendela yang pecah dan jasad para korban tergeletak di tanah.

     



    Masjid sedang penuh sesak dengan jemaah saat serangan bunuh diri terjadi. ISIS-K mengatakan, dua pelaku bom bunuh diri melakukan serangan terpisah.

    "Pelaku pertama meledakkan rompi bomnya di lorong masjid, sementara pelaku kedua meledakkan rompi bom di tengah masjid," kata pernyataan itu, dilansir dari BBC, Sabtu, 16 Oktober 2021.

    Serangan terjadi seminggu setelah sebuah pengeboman yang diklaim oleh afiliasi ISIS, menewaskan 46 orang di sebuah masjid Syiah di Afghanistan utara. Kelompok ISIS itu diketahui sebagai ISIS-K.

    Saksi mata mengatakan dua penyerang menembak dan membunuh penjaga sebelum memasuki gedung dan meledakkan diri. "Penembakan dimulai setelah kami mengakhiri salat," kata seorang pria bernama Ahmadullah.

    "Kemudian dua hingga tiga ledakan terjadi. Kami terlempar ke jendela. Banyak orang, mati syahid dan terluka di sana," lanjutnya.

    Setidaknya 15 ambulans berada di lokasi kejadian setelahnya.

    Saat ini, lokasi dijaga ketat oleh pasukan khusus Taliban. Mereka meminta orang-orang mendonorkan darahnya membantu para korban.

    Baca:  Lagi! Masjid Syiah Afghanistan Jadi Sasaran Bom Bunuh Diri

    Kandahar adalah kota terbesar kedua di Afghanistan dan tempat kelahiran spiritual Taliban, sehingga serangan di kota oleh ISIS-K dianggap signifikan.

    Jumat lalu, serangan bunuh diri di masjid Syiah lain selama salat Jumat di kota utara Kunduz menewaskan sedikitnya 50 orang. Lagi-lagi ISIS-K mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id