3.265 WNI dari Luar Negeri Pulang dalam Sepekan

    Marcheilla Ariesta - 25 Juni 2020 16:59 WIB
    3.265 WNI dari Luar Negeri Pulang dalam Sepekan
    WNI kembali dari Malaysia. (Foto: ANTARA Foto/Aswaddy Hamid).
    Jakarta: Pandemi virus korona (covid-19) membuat banyak warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri terkena dampak akibat kebijakan yang berlaku di negara dan perusahaan mereka. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan hingga Rabu, 24 Juni 2020, WNI yang telah kembali ke Tanah Air sebanyak 117.852 orang.

    "Sebanyak 84.718 WNI telah kembali dari Malaysia sejauh ini, jadi kami melihat peningkatan dua persen dari minggu lalu," kata Retno dalam jumpa pers virtual di Sekretariat Presiden, Kamis 25 Juni 2020.

    Selain itu, ada 24.542 WNI, yang bekerja sebagai anak buah kapal dari32 negara, juga tiba di Indonesia melalui lima titik masuk di Jakarta dan Bali. Retno mengatakan, dalam hal tersebut ada tambahan 1.245 orang pulang dari pekan lalu.

    Retno juga menuturkan, sebanyak 8.592 WNI telah kembali melalui repatriasi mandiri dari 51 negara. Angka ini menunjukkan peningkatan 4,1 persen dibanding pekan lalu.

    "Jumlah ini (repatriasi mandiri) mencakup tujuh WNI yang kembali dari Korea Selatan dan satu orang WNI dari Yordania kemarin," tuturnya.

    Selain membantu proses kepulangan WNI, perwakilan RI di luar negeri juga memberikan bantuan kepada WNI di negara tugas yang membutuhkan.

    Berdasarkan data Kemenlu, antara 18 Maret-24 Juni, Kedutaan Indonesia, Konsulat Jendera dan Konsulat di Malaysia telah mendistribusikan total 306.194 paket kebutuhan dasar. Diaspora Indonesia di Malaysia juga membantu menyumbang sebanyak 109.168 paket tambahan.

    "Total hingga saat ini ada 415.362 paket yang didistribusikan di Malaysia," kata Retno. 

    WNI di Malaysia menerima paket bantuan paling banyak karena jumlahnya juga yang terbanyak dari negara lain. Retno mengatakan jika dikombinasikan dengan seluruh wilayah, perwakilan RI di luar negeri berhasil menyediakan total 485.521 paket secara global.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id