Hong Kong Berencana Perpanjang Social Distancing Covid-19

    Willy Haryono - 22 September 2020 11:38 WIB
    Hong Kong Berencana Perpanjang Social Distancing Covid-19
    Pemandangan salah satu sudut kota semi-otonom Hong Kong. (AFP)
    Hong Kong: Hong Kong berencana memperpanjang kebijakan menjaga jarak sosial (social distancing) terkait pandemi virus korona (covid-19) selama sepekan. Rencana disampaikan pemimpin Hong Kong Carrie Lam di tengah belum membaiknya situasi seputar penyebaran covid-19.

    "Meski jumlah infeksinya tidak terlalu besar, kita masih memiliki sejumlah kasus tak diketahui (asal muasalnya), yang mengindikasikan adanya rantai penularan di tengah masyarakat," kata Carrie Lam dalam sebuah pertemuan dengan Dewan Eksekutif Hong Kong, Selasa 22 September 2020.

    Jumat pekan kemarin, bar, kolam renang, dan taman hiburan di Hong Kong sudah diizinkan kembali untuk beroperasi. Bar boleh beroperasi hingga tengah malam, dan restoran juga bisa melayani makan di tempat hingga pukul 00.00.

    Namun untuk perkumpulan massal di area publik, Hong Kong membatasinya maksimal empat orang.

    Hong Kong secara umum telah mengendalikan penyebaran covid-19, dengan hanya ada dua kasus lokal dan empat impor pada Senin kemarin. Namun Carrie Lam mengingatkan bahwa masyarakat Hong Kong harus tetap waspada, seiring dibukanya kembali aktivitas perkuliahan dan sektor usaha.

    Sebelumnya, otoritas Hong Kong telah melakukan tes massal covid-19 pada awal September.

    Tes massal covid-19 dilakukan dengan bantuan tim beranggotakan 60 orang dari daratan utama Tiongkok. Ini merupakan kali pertama pejabat kesehatan Tiongkok membantu Hong Kong, wilayah administratif khusus, dalam pertempuran melawan pandemi covid-19.

    Dalam program tes massal ini, tenaga kesehatan mengambil sampel peserta di lebih dari 140 titik pengumpulan yang tersebar di seantero Hong Kong.
     
    Tiongkok sebelumnya telah menjalankan tes bagi semua warga di Wuhan, kota di provinsi Hubei tempat kemunculan perdana covid-19 pada akhir Desember 2019.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id