Menlu Tiongkok: Tak Ada Negara yang Bisa Atas Masalah Pandemi Sendiri

    Fajar Nugraha - 20 November 2020 16:06 WIB
    Menlu Tiongkok: Tak Ada Negara yang Bisa Atas Masalah Pandemi Sendiri
    Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi pada sesi Global Town Hall. Foto: Global Town Hall
    Jakarta: State Councilor sekaligus Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menegaskan pentingnya kerja sama internasional dalam menangani pandemi covid-19.

    Berbicara pada sesi ‘Global Town Hall’ yang diadakan Foreign Policy Community secara virtual pada Jumat 20 November 2020, Wang Yi membahas mengenai isu ‘The State of the COVID-19 World in 2020’.

    “Kami percaya bahwa negara-negara harus meningkatkan sistem kerja sama internasional melalui koordinasi muliteteral yang kuat,” ujar Menlu Wang Yi.

    “Pandemi ini sekali lagi menunjukkan bahwa tidak ada negara yang bisa memecahkan masalahnya sendiri, melalui kebijakan yang bisa memperburuk kondisi negara lain atau pendekatan zero sum. Praktik seperti tidak memberikan solusi atas tantangan global,” tegas Wang yi.

    “Kerja sama multilateral mungkin saja tidak sempurna, tetapi memberikan dasar kerangka kerja sama untuk menghadapi tantangan global. Multilateralisme mungkin saja dihadapkan pada masalah tetapi masih menjadi jaminan bagi tiap negara untuk bertahan dan maju,” jelasnya.

    Wang Yi menambahkan, sebagai kekuatan ekonomi dunia, Tiongkok akan bekerja sama dengan negara lain untuk meningkatkan percepatan dan jalur aman bagi pergerakan manusia dan kebutuhannya. Tiongkok menurutnya akan mengambil langkah yang menguntungkan semua pihak dan memperkuat kerja sama bilateral dengan negara lain.

    “Sebagai negara yang bertanggungjawab, Kami akan menegakkan sistem internasional yang berpusat pada Piagam PBB,” tegasnya.

    Tidak hanya itu, Tiongkok bagi Wang Yi akan mendorong reformasi yang diperlukan bagi sistem internasional hingga bisa menciptakan keseimbangan dan efisiensi yang lebih efektif. Hal ini bisa merefleksikan keinginan dari negara berkembang dan pasar baru.

    Semua hal tersebut menurut Wang Yi bisa membuat sistem global lebih adil, inklusif dan bisa menguntungkan banyak pihak.


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id