comscore

Korut Hadapi Covid-19 dengan Lockdown Nasional dan Tanpa Vaksin

Fajar Nugraha - 12 Mei 2022 16:59 WIB
Korut Hadapi Covid-19 dengan Lockdown Nasional dan Tanpa Vaksin
Pemimpin Korut Kim Jong-un terapkan lockdown nasional usai kasus covid-19 terdeteksi. Foto: AFP
Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengonfirmasi kasus covid-19 pertamanya pada Kamis 12 Mei 2022 dan menyatakan darurat serius. Pemimpin Korut, Kim Jong-un langsung memerintahkan penguncian atau lockdown di seluruh negeri.

Negara bersenjata nuklir itu tidak pernah mengakui kasus covid-19 dan pemerintah telah memberlakukan blokade ketat menghalau penyebaran virus korona di perbatasannya sejak awal pandemi pada 2020.
“Tetapi sampel yang diambil dari pasien yang sakit demam di Pyongyang bertepatan dengan varian Omicron BA.2,” lapor kantor berita resmi Korean Central News Agency (KCNA), seperti dikutip AFP.

Pejabat tinggi, termasuk pemimpin Kim Jong-un, mengadakan pertemuan politbiro krisis untuk membahas wabah. Mereka mengumumkan akan menerapkan "sistem pencegahan epidemi darurat maksimum".

“Kim meminta semua kota dan desa di seluruh negara untuk mengunci wilayah mereka secara menyeluruh,” lapor KCNA, meskipun rincian pembatasan tidak segera diberikan.

“Pemimpin Kim mengatakan pada pertemuan itu bahwa tujuannya adalah untuk menghilangkan akar dalam waktu singkat,” menurut KCNA.

Kim menambahkan bahwa Korea Utara akan "mengatasi situasi mendadak saat ini dan memenangkan kemenangan dalam pekerjaan pencegahan epidemi darurat".

Tidak jelas dari laporan KCNA berapa banyak infeksi covid-19 yang terdeteksi.

Infrastruktur kesehatan Korea Utara yang hancur akan berjuang untuk menangani wabah besar, dengan 25 juta orangnya diyakini tidak divaksinasi, kata para ahli.

"Agar Pyongyang secara terbuka mengakui kasus omicron, situasi kesehatan masyarakat harus serius," kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id