comscore

Selandia Baru Akan Terapkan Sistem 'Lampu Merah' untuk Hidup Bersama Covid-19

Willy Haryono - 22 November 2021 13:02 WIB
Selandia Baru Akan Terapkan Sistem Lampu Merah untuk Hidup Bersama Covid-19
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. Foto: AFP
Wellington: Selandia Baru akan mengadopsi sebuah sistem baru agar masyarakat dapat hidup berdampingan bersama Covid-19. Rencananya, sistem baru ini akan diberlakukan mulai 3 Desember mendatang.

Sebelumnya, Selandia Baru menerapkan kebijakan nol kasus Covid-19 yang berlangsung selama berbulan-bulan. Namun karena kemunculan varian Delta yang sulit diberantas, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terpaksa menerapkan sistem baru.
Kini, Selandia Baru tidak akan lagi mengejar nol kasus, melainkan beralih ke skema memperlakukan Covid-19 sebagai sebuah endemi.

"Faktanya adalah, Delta ada di sini dan tidak akan pergi. Tapi Selandia Baru mampu meredamnya karena tingkat vaksinasi kita relatif tinggi dan adanya beragam langkah penanganan lain," tutur PM Ardern, dilansir dari The Straits Times, Senin, 22 November 2021.

Dalam sistem terbaru nanti, wilayah-wilayah di Selandia Baru akan terbagi dalam zona merah, oranye dan hijau tergantung dari level risiko paparan Covid-19 dan tingkat vaksinasi.

Auckland, kota pusat episentrum Covid-19 di Selandia Baru, akan berada di level merah mulai bulan depan.

PM Ardern mengatakan, sekitar 83 persen warga Selandia Baru sudah divaksinasi penuh. Jika kelompok yang baru menerima satu vaksin Covid-19 menerima dosis kedua, maka angkanya akan bertambah menjadi 88 persen.

Sebelumnya, Selandia Baru mengatakan bahwa pihaknya akan menghilangkan kebijakan penguncian (lockdown) dan menggantinya menjadi sistem 'lampu merah' setelah 90 persen warganya sudah divaksinasi penuh.

Sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini, Selandia Baru hanya mencatat sekitar 7.000 kasus dengan 39 kematian. Sementara perbatasan internasionalnya untuk saat ini masih ditutup untuk sebagian besar negara dunia.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id