Hong Kong Memulai Program Tes Massal Covid-19

    Willy Haryono - 01 September 2020 15:06 WIB
    Hong Kong Memulai Program Tes Massal Covid-19
    Warga menanti di salah satu pusat tes covid-19 di Hong Kong. (Foto: AFP)
    Hong Kong: Hong Kong resmi memulai program tes massal virus korona (covid-19), terlepas dari sejumlah kritik yang meragukan tingkat efektivitasnya atau dugaan penyalahgunaan untuk kepentingan pengawasan. Program tes massal ini dilakukan dengan bantuan staf medis asal Tiongkok.

    Sebuah serikat pekerja kesehatan di Hong Kong menilai program tes massa ini hanya membuang-buang sumber daya dan tenaga. Sementara sejumlah aktivis khawatir program ini dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel DNA warga Hong Kong.

    Dikutip dari BBC, Selasa 1 September 2020, otoritas Hong Kong membantah dua kekhawatiran tersebut, dan menyebutnya hanya sebagai kampanye hitam.

    Sejauh ini Hong Kong berhasil menekan angka kasus covid-19 di bawah 5.000. Namun ada kekhawatiran beberapa klaster covid-19 di Hong Kong dapat berujung pada wabah berskala besar yang sulit dikendalikan.

    Pemerintah Hong Kong di bawah kepemimpinan Carrie Lam berharap tes massal ini dapat memberikan gambaran akurat mengenai penyebaran covid-19, sehingga upaya-upaya pencegahannya dapat dilakukan.

    Lebih dari 500 ribu warga Hong Kong sudah mendaftar untuk program tes massal covid-19 pada Selasa ini. Total populas di Hong Kong berkisar 7,5 juta jiwa.

    Dalam program tes massal ini, tenaga kesehatan mengambil sampel peserta di lebih dari 140 titik pengumpulan yang tersebar di seantero Hong Kong.

    Tiongkok sebelumnya telah menjalankan tes bagi semua warga di Wuhan, kota di provinsi Hubei tempat kemunculan pertama covid-19 pada akhir Desember 2019.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id