Percepatan Pemungutan Suara PM Jepang Untungkan Yoshihide Suga

    Marcheilla Ariesta - 02 September 2020 17:11 WIB
    Percepatan Pemungutan Suara PM Jepang Untungkan Yoshihide Suga
    Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga umumkan pencalonan sebagai PM Jepang. Foto: AFP
    Tokyo: Partai berkuasa di Jepang memajukan waktu pemungutan suara untuk mengganti perdana menteri Jepang. Pemungutan suara akan dilakukan pada 14 September mendatang.

    Pemungutan suara di parlemen diharapkan untuk mendukung pemimpin baru Partai Demokrat Liberal (LDP).

    Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga, menjadi kandidat paling diunggulkan oleh LDP. Suga diperkirakan secara resmi sudah mengumumkan pencalonannya pada Rabu, 2 September 2020.

    Dua kandidat lainnya, mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba, dan kepala kebijakan LDP Fumio Kishida, sejauh ini telah mengumumkan rencana untuk mencalonkan diri.

    LDP memilih pemungutan suara berskala kecil yang tidak menyertakan seluruh anggota. Sebaliknya, hanya anggota parlemen dan tiga perwakilan dari masing-masing 47 prefektur negara yang akan memberikan suaranya.

    Keputusan tersebut menuai beberapa kritik. Namun, pejabat partai mengatakan akan memakan waktu terlalu lama untuk mengatur pemungutan suara secara luas.

    "Format ini hanya akan menguntungkan Suga yang telah membangun keunggulan secara efektif," kata pengamat Jepang dari konsultan Teneo, Tobias Harris, dilansir dari AFP.

    "Pemilihannya semakin terjamin karena faksi LDP berbaris di belakang Suga," imbuhnya.

    Suga telah memegang jabatan kunci selama bertahun-tahun, mengoordinasikan kebijakan di antara kementerian dan lembaga. Ia juga menjabat sebagai juru bicara utama pemerintah dan merupakan wajah pemerintah Jepang.

    Perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, akhir bulan lalu mengundurkan diri dari jabatannya karena sakit. Abe mengatakan ia akan menduduki kursi jabatan itu hingga penggantinya ditentukan.

    PM Jepang yang baru nantinya akan menghadapi banyak tantangan, mulai dari pandemi virus korona hingga membangkitkan kembali ekonomi. Tak hanya itu, dia juga harus memastikan Olimpiade Tokyo yang ditunda dapat dilanjutkan kembali.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id