Disuruh Akui 'Satu Tiongkok,' Staf Perwakilan Taiwan Tinggalkan Hong Kong

    Marcheilla Ariesta - 20 Juni 2021 16:04 WIB
    Disuruh Akui Satu Tiongkok, Staf Perwakilan Taiwan Tinggalkan Hong Kong
    Pemandangan salah satu sudut kota Hong Kong. (AFP)



    Taipei: Staf Taiwan yang bekerja di kantor perwakilan di Hong Kong akan meninggalkan kota tersebut mulai hari ini, Minggu, 20 Juni 2021. Langkah ini diambil usai semua staf Taiwan di Hong Kong diminta menandatangani dokumen yang mendukung klaim Tiongkok atas wilayah Taiwan.

    Hong Kong yang dikuasai Tiongkok kembali dilibatkan dalam perseteruan antara Beijing dan Taipei, terutama setelah Taiwan mengecam Undang-Undang Keamanan Nasional yang diberlakukan tahun lalu.

     



    Ketegangan kian meningkat usai Taiwan menyambut baik kedatangan warga Hong Kong yang hendak tingal menetap di pulau tersebut.

    Wakil Sekretaris Jenderal Partai Progresif Demokratik Taiwan, Lin Fei-fan, mengatakan hanya staf lokal Taiwan yang akan tetap berada di kantor Hong Kong.

    "Partai Komunis Tiongkok dan Pemerintah Hong Kong terus memaksa personel kami yang ditempatkan di sana untuk menandatangani 'surat komitmen Satu Tiongkok' untuk mengakui 'Satu Tiongkok," katanya di laman Facebook, dikutip dari Channel News Asia.

    "Kami tentu saja tidak akan menerimanya," tegas Lin.

    Tiongkok melihat Taiwan sebagai bagian dari 'Satu Tiongkok.' Sebelumnya, Beijing pernah menyatakan bahwa jika diperlukan, kekuatan militer akan digunakan untuk mengambil alih Taiwan.

    Baca:  Jenderal AS: Tiongkok Tak Miliki Motivasi dan Niat untuk Serang Taiwan

    Lin mengatakan Taiwan tidak akan pernah menerima 'Satu Negara, Dua Sistem' yang selama ini menjadi skema Tiongkok dalam menguasai Hong Kong.

    Seorang pejabat senior Taiwan mengatakan, tujuh staf mereka akan pulang pada Minggu petang ini. Sedangkan staf yang tersisa akan kembali setelah visa berakhir bulan depan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id