Varian Delta Covid-19 Serang Kota Guangdong di Tiongkok

    Fajar Nugraha - 21 Juni 2021 17:01 WIB
    Varian Delta Covid-19 Serang Kota Guangdong di Tiongkok
    Covid-19 masih menghantui wilayah Tiongkok, khususnya di Guandong. Foto: AFP



    Beijing: Pusat manufaktur utama Dongguan di Provinsi Guangdong, Tiongkok meluncurkan pengujian massal untuk virus korona. Pemerintah menutup kegiatan warga setelah mendeteksi infeksi pertamanya terkait pandemi covid-19 saat ini.

    Varian Delta dari covid-19 telah mendominasi infeksi pada peningkatan angka penularan di Provinsi Guangdong. Dilihat oleh para ahli sebagai sangat menular, varian ini pertama kali diidentifikasi di India.

     



    Dongguan meluncurkan program pengujian di seluruh kota pada Senin, menyusul dua kasus yang dilaporkan sejak Jumat lalu. Otoritas kota mengatakan kepada warga untuk tidak keluar rumah, kecuali untuk alasan penting.

    “Meski begitu, mereka yang berangkat harus menunjukkan hasil tes negatif dalam waktu 48 jam setelah keberangkatan,” ujar pihak pejabat kesehatan Tiongkok, seperti dikutip AFP, Senin 21 Juni 2021.

    Provinsi Guangdong telah melaporkan 168 infeksi yang dikonfirmasi sejak 21 Mei, dengan hampir 90 persen di antaranya di ibukotanya, Guangzhou. Tetapi kasusnya sedikit dibandingkan dengan seluruh dunia dan wabah sebelumnya di Negeri Tirai Bambu.

    Wilayah timur laut mencatat lebih dari 1.150 infeksi dari akhir Desember hingga awal Februari dalam wabah domestik terburuk setelah itu di pusat kota Wuhan, tempat virus itu muncul pada akhir 2019.

    Tetapi Guangdong, titik masuk utama bagi para pelancong dan kargo, belum mengambil risiko.

    Meskipun ibukotanya telah melaporkan tidak ada kasus selama dua hari berturut-turut, provinsi secara keseluruhan masih melaporkan infeksi baru dalam wabah 31 hari.

    Pakar Tiongkok mengatakan pertarungan Guangzhou melawan varian Delta menjadi peringatan bagi kota-kota lain untuk tidak terlalu berpuas diri. Tiongkok melaporkan 17 infeksi daratan baru yang dikonfirmasi pada Minggu, turun dari 23 hari sebelumnya, otoritas kesehatannya mengatakan pada hari Senin.

    “Salah satu kasus baru adalah infeksi lokal di Dongguan, sedangkan sisanya adalah kasus impor,” kata Komisi Kesehatan Nasional.

    Jumlah infeksi tanpa gejala baru turun menjadi 19 dari 20 sehari sebelumnya. Tiongkok tidak mengklasifikasikannya sebagai kasus yang dikonfirmasi. Penghitungan infeksi di Tiongkok daratan mencapai 91.604, dengan jumlah kematian tidak berubah di 4.636.


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id