comscore

Perbatasan Hong Kong-Tiongkok Belum Akan Dibuka Sebelum Pemilu

Willy Haryono - 23 November 2021 13:39 WIB
Perbatasan Hong Kong-Tiongkok Belum Akan Dibuka Sebelum Pemilu
Pemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam. (AFP)
Hong Kong: Perbatasan Hong Kong dengan daratan utama Tiongkok belum akan dibuka sepenuhnya sebelum 19 Desember mendatang, ucap Carrie Lam yang merupakan pemimpin wilayah semi-otonom tersebut. Pernyataan disampaikan di saat Hong Kong dan Tiongkok sama-sama berusaha memulihkan hubungan ekonomi yang terpukul pandemi Covid-19.

"Perjalanan lintas perbatasan dengan daratan utama belum akan kembali ke level normal pada atau sebelum 19 Desember," ucap Carrie Lam, dilansir dari The Straits Times, Selasa, 23 November 2021.

 



Tanggal 19 Desember adalah hari berlangsungnya pemilihan umum untuk kursi Dewan Legislatif Hong Kong. Pemilu ini telah ditunda selama lebih dari satu tahun karena pandemi Covid-19.

Carrie Lam mengatakan, pejabat Hong Kong dan Tiongkok akan bertemu di kota Shenzhen pada Kamis mendatang untuk melanjutkan diskusi seputar isu perjalanan bebas karantina antar kedua wilayah.

Saat ini delegasi pakar kesehatan Tiongkok sedang berada di Hong Kong untuk mengkaji penerapan aturan Covid-19 menjelang pembukaan kembali perjalanan lintas perbatasan dalam kapasitas penuh dan bebas karantina.

Hong Kong dan Tiongkok sama-sama masih memberlakukan aturan ketat terkait perjalanan lontas perbatasan. Keduanya masih menerapkan strategi nol kasus Covid-19.

Di Hong Kong, strategi tersebut memicu keluhan dari masyarakat dan juga kalangan pengusaha yang kesulitan beraktivitas. Mereka mengaku ingin bisa bepergian bebas, baik untuk bekerja atau berwisata, seperti di negara-negara lain.

Baca:  Disneyland Hong Kong Tutup Seharian Usai 1 Pengunjung Positif Covid-19

Sejumlah negara menilai strategi nol kasus Covid-19 hampir mustahil untuk dilakukan, dan kini lebih cenderung menerapkan kebijakan "hidup bersama Covid-19" dengan memperlakukan penyakit tersebut sebagai endemi.

Menurut Carrie Lam, membuka perbatasan dengan daratan utama Tiongkok merupakan hal yang lebih penting bagi dunia usaha ketimbanb membuka perbatasan internasional. Namun ia juga menekankan Hong Kong tetap berusaha untuk membuka perbatasannya dengan seluruh negara di dunia.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id