Ledakan di Gerbang Masuk Kabul Tewaskan Tiga Prajurit

    Willy Haryono - 14 November 2020 16:19 WIB
    Ledakan di Gerbang Masuk Kabul Tewaskan Tiga Prajurit
    Rangkaian aksi kekerasan terus terjadi di Afghanistan meski dialog damai dengan Taliban sedang berlangsung di Doha, Qatar. (Noor Mohammad/AFP)
    Kabul: Sebuah ledakan bom bunuh diri di pintu gerbang utama di barat Kabul, Afghanistan menewaskan setidaknya tiga prajurit dan melukai empat lainnya. "Serangan ditujukan kepada pos pemeriksaan pasukan pemerintah di dekat gerbang masuk Kabul," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Tariq Arian.

    Hingga saat ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Otoritas Kabul mencurigai kelompok militan Taliban sebagai dalang di balik serangan.

    Dikutip dari Al Jazeera pada Sabtu, 14 November 2020, ledakan di pos pemeriksaan militer di Kabul merupakan kelanjutan dari pekan-pekan penuh aksi kekerasan di Afghanistan, termasuk serangan yang menewaskan 22 orang di Kabul University. Serangan tersebut diklaim oleh grup militan Islamic State (ISIS).

    Kamis kemarin, militan Taliban menyerang sebuah pos pemeriksaan militer Afghanistan di provinsi Kunduz, yang menewaskan lima tentara dan melukai dua lainnya. Kementerian Pertahanan Afghanistan mengklaim 10 militan Taliban tewas dalam baku tembak di provinsi tersebut.

    Di hari yang sama, jurnalis radio Elyas Dayee tewas serangan bom di provinsi Helmand. Dayee merupakan jurnalis kedua yang tewas di Afghanistan dalam kurun waktu kurang dari sepekan. Tidak ada satu grup pun yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap Dayee.

    Kekerasan dan kekacauan telah meningkat di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir, meski negosiasi damai antara delegasi pemerintah dan Taliban sedang berlangsung di Doha, Qatar.

    Sejauh ini, dialog damai untuk mengakhiri konflik berkepanjangan di Afghanistan belum membuahkan hasil berarti.

    Baca:  Ghani Minta Biden Bantu Afghanistan Perangi Terorisme

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id