comscore

Joe Biden Bertemu Kaisar Jepang Naruhito

Willy Haryono - 23 Mei 2022 15:04 WIB
Joe Biden Bertemu Kaisar Jepang Naruhito
Presiden AS Joe Biden (kiri) bersama Kaisar Jepang Naruhito di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo, 23 Mei 2022. (SAUL LOEB / POOL / AFP)
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu langsung dengan Kaisar Naruhito di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo, Senin, 23 Mei 2022. Saat tiba di istana, Biden langsung disambut oleh sang kaisar.

Sama-sama memakai masker, Biden dan Kaisar Naruhito saling bertukar salam dan berbincang singkat ketika berjalan masuk ke dalam istana.
Dikutip dari Shine, pertemuan tersebut merupakan kali pertama bagi mereka sejak 2013. Kala itu, Naruhito masih merupakan putra mahkota, dan Biden adalah wakil presiden AS di bawah pemerintahan Barack Obama.

Setelah bertemu Kaisar Naruhito, Biden akan berbincang-bincang dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dengan agenda yang difokuskan pada bidang keamanan dan ekonomi.

Biden tiba di Jepang pada hari Minggu kemarin, setelah menghabiskan waktu tiga hari dalam lawatan resmi ke Korea Selatan (Korsel).

Kedatangan Biden ke Jepang disambut unjuk rasa sekitar 750 orang di Tokyo. Mereka menentang rencana konferensi tingkat tinggi (KTT) AS-Jepang dan juga pertemuan grup Quad yang terdiri dari AS, Jepang, Australia dan India.

Sejumlah pejabat AS mendeskripsikan Jepang dan Korsel sebagai dua negara kunci dalam membantu upaya Washington menekan kekuatan dagang dan militer Tiongkok. Keduanya juga dianggap sebagai mitra aliansi Barat dalam mengisolasi Rusia yang menginvasi Ukraina pada Februari lalu.

Mengenai salah satu anggota Quad, Australia, Biden mengucapkan selamat kepada Anthony Albanese atas kemenangan dalam pemilihan umum yang menjadikannya PM baru di Negeri Kanguru menggantikan Scott Morrison.

Baca: Biden Perkuat Hubungan dengan Jepang, Ungkap Inisiatif Dagang Asia

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id