comscore

Populer Internasional: Pelacak Illegal Fishing hingga Pemilihan Gubernur Bangkok

Willy Haryono - 23 Mei 2022 09:23 WIB
Populer Internasional: Pelacak Illegal Fishing hingga Pemilihan Gubernur Bangkok
Salah satu pulau di Laut China Selatan. (AFP)
Tokyo: Amerika Serikat (AS), Jepang, Australia dan India akan memperkenalkan sebuah inisiatif maritim dalam konferensi tingkat tinggi Quad di Tokyo. Salah satu tujuan inisiatif itu adalah mencegah penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) di kawasan Indo-Pasifik.

Kabar tersebut menjadi berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Senin, 23 Mei 2022. Dua berita terpopuler lainnya adalah seputar sapaan Presiden AS Joe Biden kepada pimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan pemilihan gubernur di Bangkok.
Berikut selengkapnya:

4 Negara akan Luncurkan Sistem Pelacak untuk Awasi Illegal Fishing oleh Tiongkok

Menurut laporan Financial Times pada Sabtu kemarin, inisiatif maritim itu akan melibatkan penggunaan teknologi satelit untuk menciptakan sebuah sistem pelacakan illegal fishing, mulai dari Samudra Hindia hingga ke Pasifik Selatan dengan menghubungkan pusat-pusat pengawasan di Singapura dan India.

Presiden AS Joe Biden telah tiba di Tokyo pada Minggu, 22 Mei, untuk menghadiri pertemuan Quad bersama pemimpin Australia, India dan Jepang. Keempat negara ini terus meningkatkan kerja sama dalam menghadapi pengaruh Tiongkok di kawasan.

Seperti apa gambaran sistem pelacak illegal fishing yang akan diumumkan nanti? Cek selengkapnya di sini.

Joe Biden Sampaikan Ucapan 'Halo' kepada Kim Jong-un

AS tengah "mempersiapkan diri atas apa pun yang akan dilakukan Korea Utara (Korut)," ucap Biden di Seoul pada Minggu, 22 Mei. Pernyataan disampaikan di tengah rumor bahwa Korut dapat melakukan uji coba senjata nuklir setelah terhenti selama lima tahun.

"Kami telah membicarakan mengenai bagaimana kami akan merespons terhadap apa pun yang akan mereka lakukan, jadi saya tidak khawatir," kata Biden dalam konferensi pers gabungan bersama Presiden Yoon Suk-yeol.

Diskusi juga meliputi seputar "latihan gabungan untuk mempersiapkan diri terhadap kemungkinan adanya serangan nuklir," ungkap Yoon.

Apa lagi detail seputar kunjungan Biden ke Korsel? Cek selengkapnya di sini.

Pertama dalam Satu Dekade, Bangkok Gelar Pemilihan Gubernur

Warga Bangkok beramai-ramai mendatangi tempat pemungutan suara untuk memilih gubernur baru pada Minggu, 22 Mei. Pilgub di ibu kota Thailand ini digelar untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir.

Pilgub Bangkok juga dipandang sebagai indikator menuju pemilu nasional Thailand yang berpeluang digelar satu tahun dari sekarang.

Sekitar empat juta orang terdaftar untuk menggunakan hak suara mereka dalam pilgub Bangkok. Dua tahun sebelumnya, unjuk rasa masif berlangsung di Thailand dalam mendorong perubahan dan reformasi politik.

Siapa saja tokoh terdepan yang bersaing dalam pilgub Bangkok kali ini? Cek selengkapnya di sini.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id