Kasus Covid-19 Tembus 20 Juta, Oposisi India Serukan Lockdown Nasional

    Marcheilla Ariesta - 04 Mei 2021 14:32 WIB
    Kasus Covid-19 Tembus 20 Juta, Oposisi India Serukan Lockdown Nasional
    Petugas membagi-bagikan masker kepada masyarakat India di kota Mumbai pada 8 April 2021. (Sujit Jaiswal / AFP)



    New Delhi: Pemimpin oposisi India, Rahul Gandhi, menyerukan agar pemerintah melakukan penguncian (lockdown) nasional. Pasalnya, saat ini angka infeksi Covid-19 di negara itu telah melewati 20 juta kasus.

    "Satu-satunya cara untuk menghentikan penyebaran korona saat ini adalah penguncian penuh. Kelambanan pemerintah India membunuh banyak orang yang tidak bersalah," kata Gandhi di Twitter, dilansir dari Malay Mail, Selasa, 4 Mei 2021.






    Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi enggan memberlakukan lockdown secara nasional karena dampaknya terhadap ekonomi. Namun, beberapa negara telah memberlakukan lockdown karena menilai pemulihan ekonomi erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat.

    PM Modi dikritik karena tidak bergerak lebih cepat untuk membatasi gelombang infeksi terbaru. Ia dituding membiarkan jutaan orang yang sebagian besar tidak memakai masker menghadiri festival keagamaan dan kampanye politik selama Maret dan April.

    "(Pemerintah) pusat maupun negara bagian sangat tidak siap untuk gelombang kedua (Covid-19)," kata editorial Times of India.

    Baca:  Fauci Rekomendasikan Lockdown Nasional di India

    Meroketnya jumlah kasus harian Covid-19 di India telah membuat sistem kesehatan negara tersebut nyaris lumpuh. Banyak rumah sakit kehabisan pasokan oksigen sehingga tidak mampu lagi menerima pasien Covid-19 dengan gejala parah.
     
    Ketersediaan tempat tidur juga menjadi masalah lainnya di banyak rumah sakit di seantero India. Pada Senin kemarin, kasus positif covid-19 turun untuk pertama kalinya sejak 15 April lalu. Hari ini, angka infeksi bertambah sebanyak 357.229 dalam 24 jam terakhir.

    Namun, angka kematian naik menjadi 3.449 kasus dalam sehari. Dengan demikian, sudah 222.408 orang meninggal dunia di India karena Covid-19.

    India menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat yang melewati total 20 juta infeksi Covid-19.

    Tambahan angka 10 juta kasus Covid-19 di India terjadi hanya dalam kurun waktu empat bulan. Sementara untuk 10 juta yang pertama, penambahannya berlangsung dalam rentang waktu lebih dari 10 bulan.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id