Korban Tewas Banjir di Provinsi Henan Tiongkok Jadi 56 Orang

    Willy Haryono - 24 Juli 2021 14:49 WIB
    Korban Tewas Banjir di Provinsi Henan Tiongkok Jadi 56 Orang
    Mobil yang tersapu banjir bertumpukan di pintu masuk sebuah tempat parkir di Zhengzhou, Henan, Tiongkok, 24 Juli 2021. (Noel Celis/AFP)



    Henan: Jumlah korban tewas dalam bencana banjir di provinsi Henan, Tiongkok, bertambah menjadi 56 orang hingga Jumat malam, 23 Juli waktu setempat. Sejauh ini, lima orang masih dinyatakan hilang.

    Upaya penyelamatan, termasuk operasi penyedotan air banjir, masih berlangsung di terowongan Jalan Jingguang di Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan. Di terowongan tersebut banyak terdapat mobil yang terjebak banjir sejak Selasa kemarin.

     



    Dilansir dari laman Fars, Sabtu, 24 Juli 2021, Departemen Manajemen Urusan Darurat Henan mengonfirmasi bahwa air masih menggenangi terowongan meski operasi penyedotan tersebut berlangsung. Pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah korban tewas maupun angka warga yang terjebak di dalam terowongan tersebut.

    Sejauh ini, banjir di provinsi Henan telah berimbas pada lebih dari 7,5 juta warga. Banjir dipicu guyuran hujan deras yang terus melanda Henan hampir setiap hari sejak Jumat pekan kemarin.

    Banjir telah menggenangi 576 ribu hektare areal pertanian dan merusak leih dari 3.800 rumah. Kerugian material akibat banjir ini diprediksi melampaui 13,9 miliar yuan. Sekitar 920 ribu warga lokal Henan telah direlokasi ke beberapa tempat aman.

    Baca:  Usai Banjir Menerpa, Warga Tiongkok di Henan Bersihkan Puing

    Tiongkok telah meningkatkan dukungan penanganan bencana untuk memastikan bantuan logistik tersalurkan dengan baik ke area-area terdampak. Dukungan pemerintah juga dialokasikan ke upaya rekonstruksi bangunan atau lahan yang hancur diterjang banjir.

    Menurut keterangan Kementerian Perdagangan Tiongkok, total hampir 20 ribu ton minyak goreng, beras, air minum kemasan, dan bahan pokok lainnya telah didistribusikan ke sejumlah wilayah di Henan.

    Kemendag Tiongkok juga telah meminta otoritas Hebei, Shandong, Hubei, dan Shaanxi untuk membantu proses pendistribusian bantuan lintas provinsi.

    Kamis kemarin, Kementerian Manajemen Darurat Tiongkok telah mengerahkan tim 510 petugas pemadam kebakaran untuk melakukan upaya penyelamatan di Henan. Tim didampingi 64 truk dan 100 perahu karet.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id