Yoshihide Suga Resmi Jadi PM Baru Jepang

    Willy Haryono - 16 September 2020 12:14 WIB
    Yoshihide Suga Resmi Jadi PM Baru Jepang
    Yoshihide Suga menggunakan hak suaranya dalam pemilihan jabatan Perdana Menteri di parlemen Jepang, Tokyo, Rabu 16 September 2020. (Foto: AFP)
    Tokyo: Ketua partai berkuasa di Jepang, Partai Demokratik Liberal (LD), Yoshihide Suga, resmi menjadi perdana menteri baru di Negeri Sakura, Rabu 16 September 2020. Ia menjadi PM Jepang usai pemungutan suara di majelis rendah Jepang.

    Dikutip dari Sputnik, sebanyak 314 anggota parlemen memilih Suga sebagai PM Jepang. Secara total, 462 suara anggota parlemen dinyatakan sah.

    Proses pemungutan suara di parlemen ini disiarkan secara langsung di situs parlemen Jepang.

    Terpilihnya Suga sebagai PM pengganti Shinzo Abe sebenarnya sudah dapat dipastikan, karena mayoritas parlemen Jepang diisi politisi LDP.

    Pemilihan ketua LDP sekaligus PM Jepang dilakukan usai Abe mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir Agustus. Abe mengaku mundur karena mengalami masalah kesehatan.

    Pagi tadi, Abe dan seluruh jajaran kabinetnya membubarkan diri secara massal demi membuka jalan bagi pemerintahan baru Suga. Sebagai orang dekat Abe, Suga diyakini akan melanjutkan berbagai kebijakan pendahulunya.

    "Saya telah bekerja keras di sektor pemulihan ekonomi dan diplomasi pada setiap harinya demi melindungi kepentingan-kepentingan Jepang," ujar Abe saat membubarkan kabinet.

    Suga akan tetap menjadi PM Jepang hingga pemilihan umum berikutnya. Ia dikabarkan akan mempertahankan beberapa pos menteri era Abe. Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi dan Menteri Keuangan Taro Aso disebut-sebut akan tetap memegang jabatan mereka.
     
    Seorang sumber di pemerintahan Jepang menuturkan, Menteri Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, Seiko Hashimoto, serta Menteri Pertahanan, Prasarana, Transportasi, dan Pariwisata, Kazuyoshi Akaba, juga akan dipertahankan.

    Untuk posisi Sekretaris Kabinet, Suga akan menunjuk Menteri Kesehatan Katsunobu Kato. Saat Abe berkuasa, Suga menjabat Sekretaris Kabinet yang juga berperan sebagai juru bicara pemerintah. Suga adalah salah satu orang kepercayaan Abe.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id