Jepang Perpanjang Keadaan Darurat Covid-19 di Tokyo Jelang Olimpiade

    Marcheilla Ariesta - 28 Mei 2021 20:23 WIB
    Jepang Perpanjang Keadaan Darurat Covid-19 di Tokyo Jelang Olimpiade
    Tokyo akan kembali lockdown. Foto: AFP.



    Tokyo: Jepang ingin memperpanjang keadaan darurat di ibu kota Tokyo dan daerah sekitarnya selama tiga pekan hingga 20 Juni nanti. Pasalnya, virus korona (covid-19) tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, padahal kurang dari dua bulan lagi Olimpiade Musim Panas dibuka.

    Keadaan darurat di ibu kota dan delapan prefektur lainnya telah dijadwalkan berakhir pada 31 Mei. Namun, tetap saja sistem kesehatan di sana terguncang.

     



    Jumlah pasien kritis akibat covid-19 di Negeri Sakura dalam beberapa hari terakhir membludak. Padahal, angka infeksi harian di sana menurun.

    "Di Osaka dan Tokyo, arus orang mulai meningkat. Ada kekhawatiran bahwa infeksi juga akan meningkat," tutur Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura, dilansir dari AFP, Jumat, 28 Mei 2021.

    Baca juga: Jepang Percepat Vaksinasi Covid-19 Massal Jelang Olimpiade Tokyo 2021

    Kekhawatiran mengenai varian virus korona baru dan dorongan vaksinasi yang lambat membuat para dokter, pebisnis, dan ratusan ribu warga meminta pembatalan Olimpiade yang rencananya akan digelar pada 23 Juli.

    Pejabat Jepang, penyelenggara Olimpiade dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan Olimpiade akan tetap berjalan di bawah langkah-langkah pencegahan virus yang ketat, terlepas dari apakah kota tuan rumah, Tokyo, dalam keadaan darurat pada saat itu.

    Jepang telah mencatat sekitar 727.000 infeksi virus korona dan 12.597 kematian sejauh ini. Sekitar 6 persen dari populasinya telah divaksinasi, menurut data Reuters, yang terendah di antara negara-negara besar dan kaya di dunia.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id