comscore

Kim Jong-un Kembali Tegaskan Korut Dapat Gunakan Kekuatan Nuklir

Willy Haryono - 30 April 2022 11:34 WIB
Kim Jong-un Kembali Tegaskan Korut Dapat Gunakan Kekuatan Nuklir
Pemimpin Korut Kim Jong-un. (AFP/KCNA)
Seoul: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengulangi kembali peringatannya bahwa Pyongyang dapat menggunakan persenjataan nuklir untuk menghalau pasukan musuh. Peringatan ini dimuat di media nasional Korut, Korean Central News Agency (KCNA) pada Sabtu, 30 April 2022.

Kim mengatakan kepada jajaran perwira militer bahwa untuk "menjaga superioritas" angkatan bersenjata Korut, maka negaranya harus dapat "terlebih dahulu mengatasi semua percobaan berbahaya dan langkah mengancam" dari pihak luar.
Pyongyang harus terus membangun persenjataan agar bisa memiliki "kekuatan militer tak terkalahkan sehingga tidak ada pasukan mana pun di dunia yang berani melakukan provokasi," ucap Kim, dikutip dari The Straits Times.

Menurutnya, peningkatan persenjataan merupakan sesuatu yang penting dalam "menjamin keamanan negara kita."

Pernyataan serupa pernah disampaikan dalam sebuah parade militer pada Senin kemarin. Kala itu, Kim mengatakan dirinya dapat menggunakan senjata nuklir jika "kepentingan fundamental" Korut terancam.

Kim melontarkan pernyataan terbaru dalam sebuah pertemuan dengan jajaran petinggi Korut untuk memuji kinerja mereka dalam parade Senin kemarin.

Meski terkena banyak sanksi ekonomi, Korut telah melipatgandakan modernisasi persenjataan mereka di bawah kepemimpinan Kim. Korut telah melakukan serangkaian uji coba senjata sejak awal 2022, sembari terus menghindari tawaran dialog dari Amerika Serikat (AS).

Bulan lalu, Korut melakukan uji coba rudal antarbenua (ICBM) dalam kapasitas jarak tempuh maksimal untuk kali pertama sejak 2017. Serangkaian foto satelit juga memperlihatkan tanda-tanda aktivitas di sebuah pusat uji coba nuklir.

Baca:  Korea Utara Dikabarkan Tengah Aktifkan Kembali Lokasi Tes Nuklir

Serangkaian uji coba senjata dilakukan saat Korea Selatan bersiap melantik presiden baru, Yoon Suk-yeol. Sejumlah analis memperingatkan bahwa uji coba Korut belakangan ini merupakan indikasi Korut tak mau berdialog dengan pemerintahan baru Korsel.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id