Total 108 Paus Pilot di Tasmania Berhasil Diselamatkan

    Willy Haryono - 27 September 2020 16:03 WIB
    Total 108 Paus Pilot di Tasmania Berhasil Diselamatkan
    Petugas gabungan berusaha menyelamatkan seekor paus pilot di Macquarie Harbour, Tasmania, Australia. (Brodie Weeding/The Advocate/AFP/Getty)
    Tasmania: Total 108 ekor paus pilot (pilot whale) berhasil diselamatkan dan dilepaskan ke lautan setelah sempat terdampar di pesisir Tasmania, Australia, pada Sabtu 26 September 2020. Petugas gabungan meyakini Macquarie Harbour di pesisir barat Tasmania kini sudah bersih dari paus yang masih hidup.

    Sekitar 350 paus yang terdampar di Tasmania sudah dinyatakan mati. Angka tersebut merupakan yang terburuk dalam sejarah Australia.

    Dilansir dari BBC, perhatian kini tertuju pada metode pembuangan bangkai ratusan paus di Tasmania. Sebanyak 15 bangkai paus sudah "dimakamkan di laut" pada Jumat kemarin, yang merupakan sebuah uji coba untuk mengetahui efektivitas metode tersebut.

    Berdasarkan pernyataan dari pemerintah Tasmania, dikonfirmasi total 108 paus pilot berhasil selamat dan sudah dilepaskan ke laut lepas dari Macquarie Harbour.

    Pakar biologi dari Program Konservasi Kelautan Australia, Dr Kris Carlyon, menyebut penyelamatan 108 paus ini sebagai sesuatu yang luar biasa.

    "Hanya ada satu paus yang masih terjebak pada Jumat malam, dan 20 lainnya sudah dibebaskan satu hari sebelumnya," kata Carlyon.

    Sedikitnya empat paus terpaksa disuntik mati karena keempatnya sudah terlalu lelah untuk dapat diselamatkan. Mengenai pembersihan bangkai paus, otoritas Tasmania memperkirakan prosesnya akan berlangsung selama berhari-hari.

    "Pengumpulan dan pembuangan (bangkai paus) dilakukan dengan dibantu beberapa perusahaan yang memiliki peralatan memadai," sebut Rob Buck, manajer dari Badan Alam Liar dan Pertamanan Tasmania.

    Warga sipil diminta menjauhi area selama proses pembuangan bangkai paus berlangsung.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id