Warga Prancis Diimbau untuk Tinggalkan Pakistan

    Marcheilla Ariesta - 15 April 2021 17:12 WIB
    Warga Prancis Diimbau untuk Tinggalkan Pakistan
    Kekerasan selama protes anti-Prancis di Pakistan. Foto: AFP.



    Islamabad: Kedutaan Besar Prancis di Pakistan mengimbau seluruh warganya untuk sementara meninggalkan negara itu. Imbauan disampaikan setelah protes kekerasan anti-Prancis melumpuhkan sebagian besar negara tersebut pekan ini.

    "Karena ancaman serius terhadap kepentingan Prancis di Pakistan, warga negara dan perusahaan Prancis disarankan untuk meninggalkan negara itu sementara," kata Kedutaan Prancis di Pakistan kepada warga negara mereka lewat surat elektronik.






    "Keberangkatan akan dilakukan oleh maskapai penerbangan komersial yang ada," imbuh mereka, dilansir dari Malay Mail, Kamis, 15 April 2021.

    Sentimen anti-Prancis membara di Pakistan selama berbulan-bulan sejak pemerintah Presiden Emmanuel Macron menyatakan dukungannya terhadap hak tabloid Charlie Hebdo untuk menerbitkan ulang kartu yang menggambarkan Nabi Muhammad. Kartun tersebut dianggap menghujat Nabi Muhammad oleh banyak warga Muslim.

    Kemarin, pemerintah Pakistan melarang partai politik ekstremis yang pemimpinnya menyerukan pengusiran duta besar Prancis. Pemimpin Tehreek-e-Labbaik Pakistan (TLP), Saad Rizvi ditahan beberapa jam. Ia membawa ribuan pendukungnya ke jalan-jalan di seluruh kota Pakistan.

    Dua petugas polisi tewas dalam bentrokan itu. Meriam air, gas air mata, dan peluru karet digunakan untuk menahan massa.

    Baca juga: Prancis Tingkatkan Pengamanan di Tempat Ibadah Muslim

    Pendukung TLP menghentikan ibu kota Islamabad pada November tahun lalu selama tiga hari. Mereka melakukan serangkaian unjuk rasa anti-Prancis kala itu.

    Penistaan agama adalah masalah yang sangat sensitif di Pakistan. Undang-undang bahkan mengizinkan hukuman mati diterapkan kepada siapapun yang dianggap menghina Islam atau tokoh Islam.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id