Pakistan Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Sinopharm

    Willy Haryono - 19 Januari 2021 13:28 WIB
    Pakistan Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Sinopharm
    Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)



    Islamabad: Pakistan mengizinkan penggunaan darurat vaksin virus korona (covid-19) buatan perusahaan Sinoparm pada Senin, 18 Januari. Ini merupakan vaksin covid-19 kedua yang mendapat izin penggunaan darurat di Pakistan.

    Jumat pekan kemarin, Otoritas Regulator Obat-obatan Pakistan (Drap) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin covid-19 yang dikembangkan University of Oxford bersama AstraZeneca.






    "Dalam sebuah pertemuan pada Senin, 18 Januari, vaksin yang diproduksi China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) telah mendapatkan EUA," ujar juru cara Drap, dilansir dari laman Dawn pada Selasa, 19 Januari 2021. EUA merujuk pada Emergency Use Authorisation atau izin penggunaan darurat.

    Drap menilai vaksin Sinopharm dan AstraZeneca telah terbukti keamanan dan kualitasnya. Namun Drap menegaskan bahwa izin darurat untuk dua vaksin tersebut "memiliki beberapa syarat dan ketentuan."

    "Izin ini akan dikaji kembali secara berkala terkait data keamanan, efikasi, dan kualitas," tutur Drap.

    Baca:  Sebut Vaksin Sinopharm Tidak Aman, Dokter Tiongkok Tarik Ucapannya

    Vaksin Sinopharm dikembangkan oleh Beijing Institute of Biological Products, sebuah anak perusahaan dari perusahaan milik negara Tiongkok. Perusahaan tersebut mengklaim tingkat efikasi vaksinnya mencapai 79,3 persen dalam uji klinis fase 3.

    Bulan lalu, Pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinopharm. Vaksin ini dapat disimpan dalam suhu dua hingga delapan derajat Celcius.

    Izin darurat vaksin Sinopharm juga telah dikeluarkan di Uni Emirat Arab dan Bahrain, dan Bahrain dikabarkan segera menyusul.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id