Tiongkok Gelar Upacara Mewah Hormati Petugas Medis

    Marcheilla Ariesta - 08 September 2020 20:46 WIB
    Tiongkok Gelar Upacara Mewah Hormati Petugas Medis
    Petugas medis Tiongkok mendapat penghargaan dari Presiden Xi Jinping. Foto: AFP.
    Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan negaranya telah melewati ujian luar biasa dalam menangani virus korona (covid-19). Karenanya ia menggelar upacara penghargaan meriah bagi para tenaga medis profesional.

    Xi bahkan membagikan medali emas kepada empat orang yang dianggap pahlawan dari bidang medis di depan ratusan delegasi. Semua dari delegasi mengenakan masker dan pin bunga merah yang sangat besar.

    "Kami telah melewati ujian yang luar biasa dan bersejarah," kata Xi memuji mereka, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 8 September 2020.

    "KIta dengan cepat mencapai kesuksesan awal dalam perang meawan virus korona. Kita memimpin dunia dalam pemulihan ekonomi dan perang melawan covid-19," ujarnya.

    Tiongkok berada di bawah pengawasan global dalam cara mereka mengatasi virus mematikan ini. Amerika Serikat dan Australia menuding Tiongkok menutupi asal dan tingkat keparahan yang diakibatkan covid-19.

    Membantah tudingan tersebut, Xi mengatakan Tiongkok telah bertindak terbuka dan transparan. Mereka juga sudah mengambil tindakan tegas untuk menyelamatkan nyawa para pasien.

    "Tiongkok telah membantu menyelamatkan nyawa puluhan juta orang di seluruh dunia dengan tindakan praktisnya, menunjukkan keinginan tulus Tiongkok untuk membangun masa depan dan komunitas bersama untuk kemanusiaan," tegasnya.

    Upacara ini dimulai dengan mengheningkan cipta bagi para pasien yang meninggal selama pandemi. Sebanyak empat penerima penghargaan, satu diantaranya ahli medis paling terkenal berusia 83 tahun, Zhong Nanshan turut dalam upacara tersebut.

    "Kita akan bergandengan tangan dengan pekerja medis seluruh dunia untuk melanjutkan perjuangan dalam melacak asal-usul virus ini," ungkap Zhong.

    Ia disematkan medali top nasional oleh Presiden Xi. Sementara tiga orang lainnya, yakni ahli biokimia Chen Weo, kepala rumah sakit Wuhan dan seorang ahli pengobatan tradisional diberi gelar kehormatan 'Pahlawan Rakyat'.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id