Menhan Korsel Meminta Maaf atas Lolosnya Pembelot Korut

    Willy Haryono - 28 Juli 2020 16:03 WIB
    Menhan Korsel Meminta Maaf atas Lolosnya Pembelot Korut
    Menhan Korsel Jeong Kyeong-doo. (Foto: AFP/Kim Hong-ji)
    Seoul: Menteri Pertahanan Korea Selatan Jeong Kyeong-doo meminta maaf karena gagal mencegah pelarian seorang pembelot asal Korea Utara di wilayah perbatasan. Pembelot yang pernah pergi ke Korsel tiga tahun lalu itu melintasi perbatasan secara ilegal menuju Korut pekan kemarin.

    "Saya bertanggung jawab penuh sebagai menteri pertahanan," kata Jeong dalam sebuah pertemuan bersama komite pertahanan di Majelis Nasional Korsel di Seoul, Selasa 28 Juli 2020.

    Namun ia menekankan, lolosnya pembelot ini bukan berarti kewaspadaan dan kesiapan tempur militer Korsel buruk. Jeong menegaskan, sistem dan peralatan militer Korsel bekerja dengan baik dalam upaya melindungi negara.

    Minggu kemarin, Korut menginformasikan adanya "pembelot" yang pulang kampung ke rumahnya di kota Kaesong pada 19 Juli. Korut menyebut pria itu kemungkinan terjangkit virus korona (covid-19).

    Otoritas kesehatan Korsel membantah klaim Korut, dan mengatakan bahwa pria yang dimaksud tidak masuk daftar pasien covid-19 dan tidak pernah melakukan kontak dengan individu terjangkit.

    Menurut Jeong, klaim Korut mengenai pembelot terjangkit covid-19 kemungkinan bersifat "politis." Ia menduga Korut berusaha mengalihkan tanggung jawab penyebaran covid-19 di negaranya ke pihak luar, yakni Korsel.

    Pemimpin Korut Kim Jong-un telah menggelar rapat darurat usai munculnya informasi pembelot diduga terjangkit covid-19. Jeong menilai, rapat tersebut kemungkinan besar digelar setelah Kim "mempertimbangkan beragam faktor," termasuk politik.

    Menurut militer Korsel, pembelot itu pulang ke Korut dengan cara memasuki pipa pembuangan yang berujung ke perairan Pulau Gwanghwa. Dari sana, ia berenang menuju Korut.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id