Taliban Yakin AS Tarik Pasukan Sebelum Pilpres 2020

    Willy Haryono - 08 Agustus 2020 20:04 WIB
    Taliban Yakin AS Tarik Pasukan Sebelum Pilpres 2020
    Konvoi pasukan AS di Afghanistan. (Foto: AFP/OLIVIER DOULIERY)
    Kabul: Kelompok militan Taliban meyakini Amerika Serikat akan memenuhi tanggung jawab mereka untuk menarik pasukannya dari Afghanistan sebelum digelarnya pemilihan umum presiden AS pada November mendatang. Pernyataan disampaikan juru bicara Kantor Politik Taliban Suhail Shaheen, yang menyebutkan pihaknya akan menyambut baik penarikan semua personel militer AS dari Afghanistan.

    "Iya, mereka bisa. Jika mereka menarik diri sebelum (pilpres), saya yakin hal itu akan menjadi sesuatu yang baik bagi mereka," ujar Suhail, dilansir dari laman Sputnik, Sabtu 8 Agustus 2020.

    "Masalah di Afghanistan tidak dapat diselesaikan melalui solusi militer," sambungnya.

    Suhail menyebut, Taliban akan tetap membuka peluang menjalin kerja sama dengan AS di masa mendatang. Taliban mengaku menerima dengan tangan terbuka jika AS mau berpartisipasi dalam mendorong rekonstruksi, rehabilitasi, dan program pembangunan di Afghanistan.

    "Kami akan menyambut peran sipil mereka, tapi mereka harus terlebih dahulu mengakhiri peran militer secepat mungkin. Jika mereka bisa melakukannya sebelum pilpres, kami akan sangat mengapresiasinya," tutur Suhail.

    Sebelumnya pada pekan ini, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Washington akan mengurangi jumlah personel militer di Afghanistan menjadi hanya sekitar 4.000 per November mendatang.

    Pada 29 Februari lalu, AS dan Taliban menandatangani perjanjian damai di Doha, Qatar, yang salah satu isinya adalah mengatur mengenai penarikan pasukan AS. Perjanjian damai juga membuka jalan menuju program pertukaran tahanan antara Taliban dan Pemerintah Afghanistan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id