comscore

Gempa Dangkal Guncang Jepang Utara, Tidak Ada Peringatan Tsunami

Willy Haryono - 20 Juni 2022 15:14 WIB
Gempa Dangkal Guncang Jepang Utara, Tidak Ada Peringatan Tsunami
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
Suzu: Sebuah gempa bumi dangkal dengan kekuatan magnitudo 5,0 mengguncang kota Suzu yang berada di ujung semenanjung Noto, Jepang utara pada Senin, 20 Juni 2022.

Menurut catatan Agensi Meteorologi Jepang (JMA), kedalaman gempa mencapai 10 kilometer dengan kekuatan level 5 dari maksimal 7 dalam skala penghitungan Jepang.
"Tidak ada ancaman bahaya gelombang tsunami," lapor JMA, dikutip dari The Straits Times. Episentrum gempa disebut JMA berada di pesisir Laut Jepang, merujuk pada Laut Timur dari Semenajung Korea.

Masih dari catatan JMA, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,2 melanda prefektur Ishikawa di Jepang bagian barat pada Minggu petang, sekitar pukul 15.08 waktu setempat.

Seperti gempa hari ini, guncangan kemarin juga berada di kedalaman 10 km. Intensitas gempa tersebut berada di level 6, yang artinya cukup kuat untuk menjatuhkan berbagai furnitur dan menyebabkan kerusakan infrastruktur.

Sementara itu di tempat terpisah, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 melanda pantai timur Taiwan pada Senin ini. Sejumlah bangunan di ibu kota Taipei dilaporkan bergoyang akibat gempa tersebut.

"Gempa memiliki kedalaman 6,8 kilometer dengan pusat gempa di daerah Hualien," kata biro cuaca Taiwan. Hualien merupakan bagian dari Taiwan yang tidak terlalu banyak dihuni warga.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id