Dikenal Lembut dan Baik Hati, Fumio Kishida Menjadi PM Jepang

    Willy Haryono - 29 September 2021 14:33 WIB
    Dikenal Lembut dan Baik Hati, Fumio Kishida Menjadi PM Jepang
    Mantan menlu Jepang Fumio Kishida. (AFP)



    Tokyo: Fumio Kishida akan menjadi perdana menteri baru Jepang setelah menang dalam pemilihan internal partai berkuasa, Partai Liberal Demokrat (LDP), di Tokyo, Rabu, 29 September 2021. Mantan menteri luar negeri Jepang itu berhasil menyisihkan tiga kandidat lain, termasuk rival terdekatnya, Menteri Vaksinasi Taro Kono.

    Siapa sebenarnya Kishida? Ia dikenal sebagai sosok yang ramah dan baik hati di dunia perpolitikan Jepang. Sejumlah pihak bahkan memandangnya terlalu lembut sebagai seorang politisi.

     



    Baca:  Fumio Kishida Akan Gantikan Yoshihide Suga sebagai PM Jepang

    Berbeda dari kebanyakan jajaran politisi Jepang yang lulus dari Universitas Tokyo, Kishida sudah pernah tiga kali mencoba masuk ke universitas tersebut dan ketiganya berakhir gagal. Ia akhirnya memilih masuk ke Universitas Waseda. Di sana, ia sempat mencoba mengembangkan hobinya di dunia baseball.

    Lulus kuliah, ia mempelajari seni bernegosiasi saat bekerja di bank LTCB. Pelajaran yang ia dapat kemudian diaplikasikan ke dunia politik, saat dirinya bergabung ke parlemen Jepang bersama Shinzo Abe di tahun 1993

    Kishida pernah menjadi menteri urusan Okinawa antara 2007 dan 2008 saat Abe menjalankan periode pertama kepemimpinannya sebagai PM Jepang. Kishida tetap menjabat posisi tersebut di bawah Yasuo Fukuda yang mendepak Abe.

    Saat Abe kembali berkuasa pada Desember 2012, Kishida kembali digandeng dan dijadikan menteri luar negeri Jepang. Kishida sempat akan menjadi menlu dengan masa jabatan terpanjang di Jepang, namun ia memilih mundur dari pos tersebut -- dan juga jabatan menteri pertahanan -- di tahun 2017 untuk memimpin Dewan Riset Kebijakan LDP.

    Selama kepemimpinannya, Kishida bertanggung jawab atas perjanjian "final dan tak tergantikan" dengan Korea Selatan mengenai "wanita penghibur" di era perang dunia. Isu tersebut sudah sejak lama memicu ketegangan antar Jepang dan Korsel.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id