comscore

Terganggu Alunan Musik, Kelompok Bersenjata Serang Pernikahan di Afghanistan

Marcheilla Ariesta - 31 Oktober 2021 15:09 WIB
Terganggu Alunan Musik, Kelompok Bersenjata Serang Pernikahan di Afghanistan
Korban tewas dan terluka dibawa ke rumah sakit di Nangarhar/Getty Images
Kabul: Orang-orang bersenjata yang menyebut diri mereka bagian dari Taliban, menyerang sebuah pernikahan di Afghanistan timur. Serangan ini dilakukan untuk menghentikan pemutaran musik di acara pernikahan tersebut.

Pejabat setempat mengatakan, sedikitnya dua orang tewas dan 10 lainnya terluka.
Dilansir dari BBC, Minggu, 31 Oktober 2021, seorang juru bicara Taliban mengatakan, dua dari tiga pria bersenjata itu ditangkap. Namun, mereka membantah bertindak atas nama kelompok tersebut.

Musik memang menjadi hal yang dilarang Taliban saat memerintah Afghanistan dari 1996 hingga 20o1. Namun, otoritas baru belum mengeluarkan keputusan seperti itu.

Seorang saksi mata mengatakan, empat pasangan menikah dalam pernikahan massal di distrik Surkh Rod, Provinsi Nangarhar pada Jumat lalu. Mereka telah meminta izin dari seorang pemimpin Taliban setempat untuk memutar rekaman musik di area yang hanya digunakan oleh para perempuan.

Baca juga: Pemimpin Agung Taliban Akhirnya Muncul di Hadapan Publik

"Tapi, saat malam hari orang-orang bersenjata memaksa masuk dan mencoba menghancurkan pengeras suara. Ketika para tamu memprotes, orang-orang bersenjata ini melepaska tembakan," tutur saksi mata tersebut.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, kasus tersebut sedang diselidiki. Sementara itu, kelompok Islamic State (ISIS) juga disalahkan atas insiden serupa di masa lalu. Mereka dan Taliban diketahui saling bertentangan.

Afghanistan jatuh ke tangan Taliban pada Agustus setelah Amerika Serikat menarik pasukan terakhir yang tersisa dan gerilyawan menyapu seluruh negeri untuk merebut kembali tanah.

Sejak Taliban kembali berkuasa, kelompok itu dituduh membunuh seorang penyanyi folk dan menghancurkan instrumen. Banyak penyanyi dan musisi telah meninggalkan Afghanistan.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id