Tiga Jasad Terbakar Ditemukan di Kepulauan Solomon Usai Kerusuhan

    Willy Haryono - 27 November 2021 19:02 WIB
    Tiga Jasad Terbakar Ditemukan di Kepulauan Solomon Usai Kerusuhan
    Warga berjalan melewati bangunan yang rusak dalam kerusuhan di Honiara, Kepulauan Solomon, 27 November 2021. (Charley PIRINGI / AFP)



    Honiara: Tiga jasad terbakar ditemukan di sebuah bangunan di distrik pecinan di Honiara, Kepulauan Solomon. Ini merupakan tiga kematian pertama yang dilaporkan usai berlangsungnya aksi protes berskala masif di negara tersebut.

    Desmond Rave dari Kepolisian Kepulauan Solomon mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki identitas serta penyebab pasti kematian tiga orang tersebut.

     



    "Honiara masih relatif tegang saat ini, tapi perlahan-lahan sudah kembali normal," kata Rave kepada kantor berita CNN, Sabtu, 27 November 2021.

    Pasukan keamanan kesulitan menghentikan kerusuhan di Honiara yang dimulai pada Rabu kemarin, di saat para pengunjuk rasa mendesak pengunduran diri Perdana Menteri Manasseh Sogavare. Dalam kerusuhan itu, para demonstran menjarah pertokoan dan berbagai tempat usaha.

    Banyak pedemo berasal dari Malaita, provinsi yang sebagian warganya mempunyai sentimen negatif terhadap pemerintah pusat terkait pemutusan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan memulihkan jalinan kemitraan dengan Tiongkok.

    Dalam unjuk rasa, banyak demonstran meminta pemerintah untuk membatasi hubungan kerja sama dengan Tiongkok dan menghormati hak menentukan nasib sendiri di kalangan masyarakat Malaita. Mereka juga mendesak pemerintah untuk melanjutkan berbagai proyek pembangunan di Malaita.

    Lebih dari 100 orang ditangkap sejak awal unjuk rasa hingga Sabtu ini. Polisi meminta para pengunjuk rasa untuk berhenti menjarah dan membakar bangunan. Jika kerusuhan tak kunjung berhenti, polisi mengancam akan melakukan lebih banyak penangkapan.

    Untuk memperkuat kepolisian lokal Kepulauan Solomon, pasukan dari Pasukan Pertahanan Australia (ADF) tiba di Honiara pada Jumat kemarin.

    Kementerian Pertahanan Australia juga telah mengerahkan kapal patroli HMAS Armidale ke Kepulauan Solomon untuk membantu pasukan lokal di bidang keamanan maritim.

    Baca: Kepulauan Solomon Mencekam, WNI Diimbau Tetap di Rumah

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id