India Inginkan Kenaikan Angka Penerima Vaksin Dosis Lengkap

    Marcheilla Ariesta - 21 Oktober 2021 17:14 WIB
    India Inginkan Kenaikan Angka Penerima Vaksin Dosis Lengkap
    Vaksinasi covid-19 di India/AFP



    New Delhi: India memberikan 1 miliar dosis vaksin covid-19 kepada penduduknya. Angka tersebut melewati tonggak sejarah bagi negara yang sangat terkena dampak varian Delta di awal tahun.

    Sekitar 75 persen dari total populasi orang dewasa yang memenuhi syarat telah menerima setidaknya satu dosis.Sekitar 30 persen diantaranya sudah divaksinasi dosis lengkap.

     



    India menjadi negara kedua di dunia yang melebihi satu miliar dosis kumulatif setelah Tiongkok. Beijing memperolehkan pada Juni lalu.

    Meski demikian, masih ada kesenjangan vaksin, terutama kepada mereka yang sudah menerima satu dosis dengan dosis lengkap. Kepala tugas gugus covid-19 India, V K Paul mengatakan, meningkatkan dosis kedua menjadi prioritas penting di negara tersebut.

    "Kami ingin angka ini naik. Dosis lengkap sangat penting," katanya, dilansir dari Al Arabiya, Kamis, 21 Oktober 2021.

    Baca juga: Suntik 1 Miliar Vaksin Covid-19, India Heboh Buat Perayaan

    India yang merupakan pemasok penting vaksin secara global, menghentikan ekspor pada April karena kasus di dalam negeri melonjak dan baru melanjutkan ekspor awal bulan ini. Pemerintah kini optimistis pasokan vaksin dalam negeri yang meningkat, akan cukup untuk memenuhi komitmen internasional dan domestik.

    Paul mengatakan, kedua pemasok utama vaksin telah meningkatkan produksi. "Serum Institute sekarang memproduksi sekitar 220 juta jab per bulan dan sekitar 30 juta dari Bharat Biotech," kata Paul.

    Pada Rabu kemarin, India mengkonfirmasi lebih dari 14 ribu kasus baru. Mereka memiliki lebih dari 34 juta kasus covid-19 dengan lebih dari 450 ribu orang meninggal.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id