Presiden Taiwan Belum akan Berbicara dengan PM Baru Jepang

    Willy Haryono - 20 September 2020 20:06 WIB
    Presiden Taiwan Belum akan Berbicara dengan PM Baru Jepang
    Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: AFP)
    Taipei: Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan bahwa saat ini dirinya tidak memiliki rencana untuk berbicara dengan Perdana Menteri baru Jepang Yoshihide Suga melalui sambungan telepon. Pernyataan disampaikan usai seorang utusan Jepang mengatakan kepada Tsai bahwa Suga mungkin ingin berbicara dengannya.

    Taiwan, diklaim Tiongkok sebagai salah satu wilayah mereka, memiliki ikatan budaya dan sejarah dengan Jepang. Namun Jepang, seperti sebagian besar negara lainnya, mengakui pemerintahan Tiongkok di Beijing, bukan di Taiwan.

    Bertemu Tsai di Taipei pada Jumat lalu, mantan PM Jepang Yoshiro Mori datang untuk menghadapi memorial presiden Lee Teng-hui. Mori kemudian mengatakan kepada Tsai, bahwa "jika ada kesempatan, (Suga) berharap dapat berbicara melalui telepon atau cara lainnya."

    Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengeluarkan pernyataan pada Sabtu malam, dan menegaskan bahwa Jepang menegaskan (percakapan antara Suga dan Tsai) "tidak akan pernah terjadi."

    Tsai mengatakan kepada awak media bahwa dirinya tidak membicarakan mengenai isu Suga dengan Mori. "Saat ini kami tidak memiliki rencana untuk berbicara melalui telepon," kata Tsai, dilansir dari laman The Straits Times, Minggu 20 September 2020.

    Juru bicara Kemenlu Jepang mengeluarkan komentar senada. "Tidak ada rencana sambungan telepon antar kedua pemimpin," ucapnya.

    Jepang memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan sebagai bentuk dukungan terhadap Tiongkok di tahun 1972. Taiwan merupakan koloni Jepang antara tahun 1895 dan 1945.

    Suga, terpilih menjadi PM baru Jepang menggantikan Shinzo Abe, berencana menjamu Menlu AS Mike Pompeo bulan depan. Pompeo akan menjadi pejabat asing pertama yang ditemui Suga sebagai PM Jepang.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id