6 Hari Jelang Olimpiade Tokyo, Kasus Covid-19 Muncul di Desa Atlet

    Willy Haryono - 17 Juli 2021 13:04 WIB
    6 Hari Jelang Olimpiade Tokyo, Kasus Covid-19 Muncul di Desa Atlet
    Seorang polisi bersiaga di pintu masuk desa atlet Olimpiade di Tokyo, Jepang, 14 Juli 2021. (Behrouz MEHRI / AFP)



    Tokyo: Panitia Olimpiade Tokyo mengumumkan kemunculan kasus perdana Covid-19 di desa atlet pada Sabtu, 17 Juli 2021. Pengumuman disampaikan enam hari menjelang dimulainya Olimpiade Tokyo 2020.

    Menurut keterangan panitia, seorang individu dinyatakan positif Covid-19 di desa atlet, sebuah kompleks yang akan dihuni ribuan atlet dan delegasi dari berbagai negara selama penyelenggaraan olimpiade.

     



    "Ada satu orang (positif Covid-19) di desa (atlet). Ini adalah kasus pertama di area desa yang dilaporkan dari tes (Covid-19)," ucap Masa Takaya, juru bicara Komite Olimpiade Tokyo, dalam sebuah konferensi pers.

    "Saat ini individu yang bersangkutan sedang dikarantina di sebuah hotel," sambung dia, dikutip dari laman TOI.

    Media lokal Jepang melaporkan bahwa individu terinfeksi Covid-19 itu adalah seorang warga negara asing. Seiko Hashimoto, kepala panitia Olimpiade Tokyo 2020, mengaku siap merespons dengan cepat jika terjadi penyebaran Covid-19 yang lebih luas.

    "Kami melakukan semua hal yang kami bisa dalam mencegah wabah Covid-19. Jika terjadi wabah, maka kami akan meresponsnya dengan sebuah rencana," tutur Hashimoto.

    Baca:  Petenis Top Australia Gagal ke Olimpiade karena Terpapar Covid-19

    Ia mengakui bahwa pengumuman kasus perdana Covid-19 ini mungkin akan memicu kekhawatiran. Namun ia menegaskan semua kasus harus dilaporkan dan tidak boleh ditutup-tutupi demi keselamatan semua orang.

    "Para atlet yang datang ke Jepang mungkin saat khawatir saat ini. Saya memahami itu. Dan itulah mengapa kami harus blak-blakan terhadap semua hal," ungkap Hashimoto.

    CEO Tokyo 2020 Muto mengaku belum dapat memastikan apakah individu positif Covid-19 itu sudah divaksinasi atau belum. "Kami belum menerima informasinya," sebut Muto.

    Mengenai kemungkinan infeksi Covid-19, ia menegaskan bahwa semua atlet olimpiae nantinya akan menjalani tes setiap hari demi mengantisipasi kemungkinan terburuk.

    "Jadi, saat seseorang dinyatakan positif, maka ia akan langsung diisolasi, terlepas dari ada tidaknya kontak dekat," pungkas Muto.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id