Kepala Teknisi Pesawat F-16 yang Hilang Ditemukan Tewas

    Marcheilla Ariesta - 24 November 2020 22:22 WIB
    Kepala Teknisi Pesawat F-16 yang Hilang Ditemukan Tewas
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id.
    Taipei: Kepala teknisi Angkatan Udara Taiwan yang bertugas menangani pesawat F-16 yang hilang ditemukan meninggal. Ia diduga bunuh diri.

    Teknisi yang bermarga Huang itu ditemukan meninggal pada Minggu malam waktu setempat. Berdasarkan hasil penyelidikan, ia meninggal akibat kesulitan bernapas.

    Dilansir dari AsiaOne, Selasa, 24 November 2020, selama ini ia berdinas di Ggus Tempur ke-26 Wing Tempur ke-5. Ia bertugas di unit yang sama dengan pilot penerbang pesawat F-16 yang hilang tersebut.

    Banyak yang menduga Huang tewas terkait dengan insiden F-16 hilang tersebut.

    Selasa pekan lalu, angkatan udara Taiwan mengatakan F-16 buatan AS menghilang tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Hualien di pantai timur dalam misi pelatihan rutin.
     
    Insiden itu menyusul jatuhnya jet F-5 yang pertama kali memperkuat Angkatan Udara Taiwan pada 1970-an. Pesawat itu jatuh pada akhir Oktober.

    Kementerian pertahanan meminta media untuk tidak berspekulasi tentang apa yang terjadi pada F-16, menambahkan bahwa misi perlu terus mempertimbangkan ancaman yang sedang berlangsung dari Negeri Tirai Bambu.
     
    "Menanggapi situasi yang semakin parah di Selat Taiwan, militer terus memperkuat pelatihan kesiapan tempur untuk memastikan keamanan nasional," kata Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen.
     
    Hilangnya F-16 adalah kecelakaan militer keempat Taiwan tahun ini. Pada Januari, pejabat tinggi militer Taiwan termasuk di antara delapan orang yang tewas setelah helikopter yang membawa mereka untuk mengunjungi tentara jatuh di daerah pegunungan dekat ibu kota Taipei.
     
    Amerika Serikat tahun lalu menyetujui penjualan jet tempur F-16 senilai USD8 miliar ke Taiwan. Ini merupakan sebuah kesepakatan yang akan membawa armada F-16 pulau itu menjadi lebih dari 200 jet, yang terbesar di Asia.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id