India Buka Sekolah dan Bioskop di Tengah Meningkatnya Infeksi Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 01 Oktober 2020 14:25 WIB
    India Buka Sekolah dan Bioskop di Tengah Meningkatnya Infeksi Covid-19
    Warga India lakukan tes untuk mengetahui infeksi covid-19. Foto: AFP
    New delhi: Sekolah dan bioskop, serta kolam renang akan segera dibuka kembali di India setelah beberapa bulan ditutup karena lockdown panjang akibat virus korona (covid-19). Pengumuman ini dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri India di tengah adanya peringatan dari para ahli karena kasus infeksi covid-19 di sana terus meningkat.

    India, yang memiliki populasi 1,3 miliar orang, telah mencatat lebih dari 6,2 juta kasus covid-19 sejauh ini. Negara ini merupakan yang kedua terbanyak kasus infeksi covid-19 secara global.

    Namun, pemerintah secara bertahap mulai membuka kembali kegiatan untuk menyelamatkan ekonomi yang terpukul parah akibat penguncian. Jutaan orang, terutama warga miskin kehilangan mata pencaharian mereka.

    Pembukaan sekolah sebenarnya sudah dilakukan beberapa pekan lalu, namun khusus untuk pelajar usia 14 hingga 17 tahun. Pengumuman baru ini akan diberlakukan bagi seluruh siswa di India, tidak terpaut umur.

    "Untuk pembukaan kembali sekolah dan lembaga pembinaan, pemerintah telah diberi keleluasaan untuk mengambil keputusan setelah 15 Oktober secara bertingkat," kata Kementerian Dalam Negeri dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 1 Oktober 2020.

    Pembelajaran secara daring dan jarak jauh tetap berlaku, dan pelajar tidak dapat dipaksa untuk hadir tatap muka di kelas, tambah pernyataan itu.

    Sedangkan institusi pendidikan tinggi tetap ditutup, meskipun beberapa mahasiswa pascasarjana dan penelitian di program sains dan teknologi dapat kembali ke laboratorium.

    Sementara itu, bioskop akan dibuka kembali dengan kapasitas 50 persen. Pemerintah juga membuka kolam renang yang dapat digunakan untuk pelatihan olahraga.

    Penerbangan komersial internasional juga dibuka meskipun dengan layanan terbatas. Banyak yang memungkinkan warga untuk kembali ke negara asalnya.

    Begitu pula dengan transportasi di dalam negeri, seperti kereta, metro, penerbangan domestik, juga mulai dibuka kembali dengan beberapa pembatasan.

    Saat ini, infeksi covid-19 di India mencapai 6.312.584 kasus. Angka tersebut diperparah dengan 98.678 orang yang meninggal akibat virus ini.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id