Populer Internasional: Krisis Covid-19 India hingga Erdogan Ingin Hukum Israel

    Willy Haryono - 15 Mei 2021 12:03 WIB
    Populer Internasional: Krisis Covid-19 India hingga Erdogan Ingin Hukum Israel
    Warga mengantre tes PCR Covid-19 di Siliguri, India pada 13 Mei 2021. (Diptendu DUTTA / AFP)



    New Delhi: Gelombang kedua Covid-19 di India belum juga mereda, dengan jumlah kasus dan kematian masih relatif tinggi pada setiap harinya. Kabar ini masih bertengger di posisi pertama berita terpopuler kanal internasional Medcom.id pada Sabtu, 15 Mei 2021.

    Dua berita lainnya adalah kabar mengenai diplomasi Indonesia di Ethiopia dan juga ajakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

     



    Berikut selengkapnya:

    1. Kasus Covid-19 di India Tembus 24 Juta

    Total infeksi Covid-19 di India tembus 24 juta pada Jumat, 14 Mei. Angka kasus yang masih relatif tinggi salah satunya diakibatkan penyebaran varian Covid-B.1.617.

    Ahli penyakit menular Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jairo Mendez, mengatakan B.1.617 ditemukan di delapan negara Amerika, termasuk Kanada dan Amerika Serikat. Inggris, Singapura, dan Malaysia juga sudah terdeteksi varian tersebut.
     
    "Varian ini memiliki kapasitas transmisi yang lebih besar, namun sejauh ini kami belum menemukan konsekuensi tambahan apa pun," kata Mendez.

    Seperti apa sebenarnya varian B.1.617? Cek selengkapnya di sini.

    2. Diplomasi Publik Indonesia Berkembang Pesat di Ethiopia

    Diplomasi publik Indonesia di Ethiopia berkembang sangat pesat sejak dua tahun terakhir. Terutama, diplomasi publik di kalangan pemuda, civitas, akademika, pengusaha, dan organisasi masyarakat.
     
    Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, ketika menyampaikan kuliah umum di hadapan 250 mahasiswa dan akademisi Harambee University, Adama. Harambee University berada di sekitar 100 kilometer (km) selatan kota Addis Ababa, Ethiopia.

    Apa saja yang disampaikan Dubes Al Busyra dalam pidatonya mengenai diplomasi publik di Ethiopia? Cek selengkapnya di sini.

    3. Erdogan Ajak Presiden Rusia Beri Pelajaran ke Israel

    Erdogan mengajak mitranya, Vladimir Putin, untuk memberikan pelajaran kepada Israel. Ajakan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Turki kepada Palestina.
     
    Pihak kepresidenan Turki menyampaikan bahwa komunikasi antara Erdogan dan Putin sejalan dengan langkah Ankara mengupayakan langkah-langkah internasional terhadap Israel.
     
    "Komunitas internasional harus memberi Israel pelajaran yang kuat dan mencegah perilaku mereka terhadap Palestina," tutur Erdogan.

    'Pelajaran' seperti apa yang ingin diberikan Erdogan kepada Israel? Cek selengkapnya di sini.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id