comscore

Taliban Hancurkan Markas ISIS Usai Ledakan di Masjid Kabul

Medcom - 04 Oktober 2021 19:38 WIB
Taliban Hancurkan Markas ISIS Usai Ledakan di Masjid Kabul
Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid. (AFP)
Kabul: Kelompok Taliban mengaku telah menghancurkan sebuah markas grup Islamic State Khorasan (ISIS-K) di Distrik Khair Khana, Kabul Utara, pada Minggu malam, 3 Oktober 2021. Serangan ini merupakan balasan Taliban atas ledakan bom di sebuah masjid di wilayah Kabul di hari yang sama.

"Markas ISIS-K sepenuhnya hancur, dan semua yang ada di dalamnya tewas," tulis juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid via Twitter.

 



Dilansir dari Deutsche Welle (DW), seorang warga Kabul, Abdul Rahaman, mengaku terdengar suara tembakan dan ledakan di lokasi kejadian sepanjang Minggu malam. Ia menambahkan, Taliban menyerang setidaknya tiga rumah di area Khair Khana.

"Katanya mereka memerangi Daesh (ISIS). Saya tidak tahu berapa banyak orang yang terbunuh atau ditangkap, tetapi pertempuran berlangsung intens,” kata Rahaman kepada AFP.

Sejauh ini, lima orang dinyatakan tewas dan 11 lainnya terluka dalam serangan Taliban di Khair Khana. Dari lima kematian, beberapa di antaranya adalah warga sipil dan anggota Taliban.

Baca:  Korban Tewas Akibat Bom di Masjid Kabul Tambah Jadi 5 Orang

Sebelumnya, lima oran tewas dalam pengeboman di Masjid Eidgah di Kabul pada Minggu malam. 3 Oktober 2021. Lima orang dilaporkan tewas dalam ledakan tersebut, yang disebut Taliban mungkin dilakukan oleh ISIS.

Taliban dan ISIS merupakan sama-sama kelompok Sunni garis keras, namun mempunyai ideologi dan taktik yang berbeda.

Agustus lalu, pelaku bom bunuh diri di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, menewaskan sejumlah orang, termasuk 13 prajurit Amerika Serikat. ISIS-K mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. (Nadia Ayu Soraya)


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id