Kim Jong-un Tegaskan Kembali Dukungannya untuk Palestina

    Willy Haryono - 30 Agustus 2020 18:03 WIB
    Kim Jong-un Tegaskan Kembali Dukungannya untuk Palestina
    Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA/AFP)
    Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengirim pesan balasan kepada Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada 27 Agustus. Pesan tersebut merupakan respons Kim usai Abbas menyampaikan ucapan selamat atas peringatan 75 tahun pembebasan Semenanjung Korea.

    "Saya sangat berterima kasih atas ucapan selamat yang telah Anda sampaikan di momen peringatan 75 tahun pembebasan Korea," sebut Kim dalam sebuah pesan tertulis, dilansir dari laman KCNA, Minggu 30 Agustus 2020.

    "Dalam kesempatan ini, saya sekali lagi menegaskan dukungan rakyat kami terhadap perjuangan masyarakat Palestina dalam mendapatkan hak-hak nasional mereka, termasuk dalam mendirikan negara independen dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," sambung Kim.

    Pesan balasan disampaikan Kim setelah dirinya sempat dikabarkan berada dalam kondisi koma. Isu tersebut pertama kami disampaikan pejabat Korea Selatan.

    Pada Rabu 26 Agustus, Korut merilis foto terbaru Kim. Kantor berita KCNA menyebutkan bahwa dalam foto terbaru itu, Kim sedang menggelar pertemuan dalam membahas respons negara terhadap ancaman virus korona (covid-19).

    Segera setelah munculnya kabar Kim Jong-un koma, sang adik perempuan kembali menarik perhatian. Ada yang menyebutkan bahwa Kim Yo-jong menjadi orang berkuasa untuk sementara.

    Saudara perempuan Kim Jong-un itu makin menancapkan kekuasaannya dalam Partai Buruh Korut.Dia dikabarkan telah membuatnya memegang kendali departemen terkuat di Komite Pusat Partai Buruh Korut (WPK).
     
    Diyakini memainkan peran penting dalam menyusun citra kakaknya yang dibangun dengan hati-hati, Yo-jong pertama kali dikenali ketika dia muncul di sisi kakaknya pada saat ayah mereka meninggal pada 2011. Dia naik melalui jajaran politik Pyongyang selama tahun-tahun berikutnya, sebelum menemani kakaknya di panggung internasional.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id