Tiongkok akan Cabut Lockdown Provinsi Hubei

    Marcheilla Ariesta - 25 Maret 2020 11:40 WIB
    Tiongkok akan Cabut <i>Lockdown</i> Provinsi Hubei
    Stasiun kereta di Wuhan, Tiongkok mulai dibuka untuk beroperasi kembali. Foto: AFP
    Beijing: Tiongkok mencabut pembatasan ketat untuk Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus korona covid-19. Pembatasan ketat diangkat pada Rabu 25 Maret 2020, setelah Hubei melaporkan tak ada kasus domestik baru.

    Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan kasus domestik covid-19 sudah menurun, namun per hari ini ada 47 kasus impor dari luar negeri. Jumlah ini semakin bertambah setiap harinya.

    Dilansir dari Channel News Asia, Rabu 25 Maret 2020, secara total 474 infeksi impor telah terlihat di Tiongkok. Sebagian besar merupakan warga Tiongkok yang pulang dari luar negeri.

    "Empat orang meninggal karena kasus impor," kata pejabat kesehatan, seraya menambahkan, tiga orang meninggal di Provinsi Hubei.

    Tiongkok mengumumkan bahwa penguncian akan dibuka bagi lebih dari 50 juta orang di Hubei. Saat ini, penduduk provinsi tersebut sekarang diizinkan untuk pergi jika sehat.

    Sementara itu, beberapa bandara dan stasiun kereta api akan dibuka. Sedangkan untuk kota Wuhan, pusat awal wabah, penguncian akan dibula pada 8 April mendatang.

    Provinsi Hubei ditutup pada Januari lalu, namun secara bertahap pemerintah melonggarkan peraturan. Namun, meskipun penguncian sudah dibuka, sekolah tetap ditutup.

    Lebih dari 81.200 kasus covid-19 di Tiongkok. Sebanyak 3.281 kematian akibat virus tersebut dilaporkan.

    Kasus-kasus baru tetap ada namun menurun drastis selama sebulan terakhir. Namun, Tiongkok khawatir akan ada gelombang infeksi kedua di negara tersebut melihat jumlah kasus impor yang melonjak.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus ini telah menjadi pandemi global. Lebih dari 300 ribu masyarakat dunia terjangkit virus di lebih dari 190 negara. 



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id