Gempa Magnitudo 6 Landa Assam, India

    Willy Haryono - 28 April 2021 11:15 WIB
    Gempa Magnitudo 6 Landa Assam, India
    Ilustrasi oleh AFP.



    Assam: Gempa bumi kuat melanda Assam di wilayah timur laut India pada Rabu 28 April 2021 pagi waktu setempat. Guncangan gempa merusak bangunan, tetapi tidak ada laporan tentang korban jiwa.

    Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan, gempa berkekuatan magnitudo 6,0 dengan pusat gempa di daerah perbukitan dekat perbatasan India dengan Bhutan. Tapi getaran dan gempa susulan dirasakan ratusan kilometer jauhnya di negara bagian Bengal utara.






    “Gempa tersebut sangat mengguncang Tezpur, sebuah kota berpenduduk 100.000 orang, sekitar 45 kilometer dari pusat gempa,” sebut keterangan warga seperti dikutip AFP, Rabu.

    “Banyak orang turun ke jalan dan beberapa bangunan rusak,” jelas mereka.

    Bahkan di ibu kota negara bagian, Guwahati, sekitar 150 kilometer ke selatan, gempa mengguncang bangunan dan menimbulkan retakan di dinding. Penduduk mengatakan setidaknya dua gempa susulan besar dirasakan.

    USGS mengatakan gempa terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal 29 kilometer pada pukul 02.21 di perbukitan di utara Dhekiajuli. Ini adalah sebuah kota di distrik penghasil teh di Assam utara.

    Wilayah Himalaya sering dilanda gempa bumi besar. Gempa tahun 1950 menewaskan sekitar 4.800 orang di Assam dan di Tibet.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id