Studi: Kematian Covid-19 di India Sentuh 1 Juta Agustus Ini

    Marcheilla Ariesta - 09 Mei 2021 22:01 WIB
    Studi: Kematian Covid-19 di India Sentuh 1 Juta Agustus Ini
    Kematian akibat covid-19 di India bisa terus bertambah. Foto: AFP.



    New Delhi: Kematian akibat virus korona (covid-19) di India berpotensi mencapai satu juta pada Agustus tahun ini. Perkiraan ini disampaikan dalam editorial yang diterbitkan dalam jurnal medis Lancet yang mengutip Institute for Health Metrics and Evaluation, pusat penelitian kesehatan global independen dari University of Washington.

    "Institute for Health Metrics and Evaluation memperkirakan India akan mengalami 1 juta kematian yang mengejutkan akibat covid-19 pada 1 Agustus. Jika hasil itu terjadi, pemerintah (Perdana Menteri Narendra Modi) akan bertanggung jawab untuk kasus yang ditimbulkan sendiri," serunya.

     



    "Ini bencana nasional," kata Lancet, dilansir dari Al Jazeera, Minggu, 9 Mei 2021.

    Jurnal itu mengatakan bahwa satuan tugas covid-19 pemerintah India belum bertemu untuk membahas kasus tersebut. Ini terjadi selama berbulan-bulan hingga April, ketika virus melonjak.

    India melaporkan 403.738 kasus virus corona terbaru sehingga total kasus covid-19 di sana sejak pandemi dimulai sebanyak 22,3 juta kasus. Sementara itu mereka mencatat 4.092 kematian dalam 24 jam terakhir.

    Baca juga: Maskapai Emirates Bebaskan Biaya Pengiriman Bantuan ke India

    Kasus di India sempat mencapai angka 10 ribu kasus per harinya pada awal tahun ini. Namun, angka infeksi terus meningkat setelah pemerintah mengizinkan warga untuk mengikuti kampanye politik dan upacara keagamaan, salah satunya mandi di sungai.

    Dilabeli dengan nama B.1.617, varian India telah menjangkau setidaknya 17 negara, mulai dari Inggris, Iran, hingga Swiss. Varian India yang menyebar ke banyak negara ini telah memicu kekhawatiran global.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeskripsikan varian India sebagai salah satu "variant of interest." Istilah itu merujuk pada kemungkinan mutasi yang dapat membuat virus tersebut lebih mudah menular, menyebabkan penyakit yang lebih parah, atau menghindari kekebalan vaksin.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id