comscore

Korsel akan Kirim Delegasi ke Jepang di Tengah Provokasi Korut

Willy Haryono - 17 April 2022 14:03 WIB
Korsel akan Kirim Delegasi ke Jepang di Tengah Provokasi Korut
Presiden terpilih Korea Selatan Yoon Suk-yeol. (JUNG YEON-JE / POOL / AFP)
Seoul: Presiden terpilih Korea Selatan Yoon Suk-yeol berencana mengirim sebuah delegasi ke Jepang pekan mendatang, menurut laporan terbaru kantor berita Yonhap News. Rencana pengiriman delegasi ini merupakan sebuah pertanda akan adanya langkah-langkah pemulihan hubungan kedua negara.

Delegasi Korsel akan bertolak menuju Jepang di tengah meningkatnya provokasi dari Korea Utara, terutama seputar uji coba rudal balistik dan sistem senjata lainnya.
Dilansir dari The Straits Times, Minggu, 17 April 2022, delegasi Korsel beranggotakan tujuh tokoh di bawah pimpinan Ketua Partai Kekuatan Rakyat Chung Jinsuk akan berada di Jepang pada tanggal 24-28 April mendatang.

Delegasi tersebut, yang juga meliputi beberapa profesor di bidang diplomatik, akan mendiskusikan hubungan bilateral Korsel-Jepang dan juga segala sesuatu seputar Korut.

Baca:  Presiden Terpilih Korsel Ajak Tiongkok Atasi Tantangan Korut

Korut telah melakukan serangkaian uji coba rudal balistik sejak awal 2022. Tingginya intensitas uji coba ini semakin meningkatkan ancaman potensi serangan terhadap Amerika Serikat (AS) dan para sekutunya di Asia.

Dalam keterangan terbaru dari media Korean Central News Agency (KCNA), disebutkan bahwa pemimpin Korut Kim Jong-un telah menyaksikan uji coba senjata taktis terbaru.

Korsel dan Jepang bersitegang atas berbagai isu dalam beberapa tahun terakhir, yang sebagiannya terkait dengan kolonisasi yang dilakukan Negeri Sakura di Semenanjung Korea selama periode 1910-1945. Ketegangan ini telah melukai kerja sama Korsel-Jepang, dua negara yang sama-sama merupakan mitra AS.

Berbicara dalam wawancara bersama The Washington Post, Yoon mengaku memiliki rencana untuk meningkatkan hubungan Korsel dengan Jepang.

"Saat saya sudah resmi menjadi presiden, hubungan Korea Selatan-Jepang akan membaik. Saya yakin itu," ucapnya.

"Saya akan mengubah sikap serta sistem negara kami menuju sebuah hubungan diplomatik yang normal," pungkas Yoon.


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id