comscore

Selandia Baru Beri Izin Masuk Wartawan Asing dari 60 Negara

Marcheilla Ariesta - 02 Mei 2022 19:27 WIB
Selandia Baru Beri Izin Masuk Wartawan Asing dari 60 Negara
Selandia Baru buka kembali perbatasan untuk warga asing./AFP
Wellington: Selandia Baru akhirnya membuka kembali perbatasannya untuk lebih banyak pengunjung asing. Mereka telah menutup perbatasan akibat penguncian pandemi lebih dari dua tahun.

Wisatawan mendarat di Bandara Auckland pada Senin, 2 Mei 2022. Banyak dari mereka melakukan reuni yang emosional dengan keluarga dan teman.
Orang-orang lebih dari 60 negara saat ini dapat memasuki negara itu jika mereka sudah divaksinasi dan memiliki hasil covid-19 negatif.

Warga Selandia Baru dapat melakukan perjalanan masuk dan keluar sejak Maret. Sementara, warga Australia diizinkan masuk sejak April.

Seorang pria asal Amerika Serikat (AS) mengatakan, telah melakukan perjalanan dari Cincinnati untuk bersama pasangannya. Ia menunggu sejak Februari 2020 untuk mengajukan visa keluar dari negara itu.

"Saya akhirnya di sini hari ini. Saya belum pernah berada dalam jarak 6.000 mil dari negara ini dan pertama kali saya di sini. Saya pulang. Ini perasaan terbaik yang pernah saya miliki," kata David Benson kepada BBC.

Baca juga: Selandia Baru Buka Kembali Perbatasan Negara Bulan Depan

Pria Inggris Garth Halliday, yang telah tinggal di Selandia Baru selama 30 tahun terakhir, mengatakan dia dan istrinya berada di bandara untuk menyambut putra, menantu, dan cucu mereka yang berusia 18 bulan.

"Semakin tua Anda, semakin keluarga menjadi penting dan saya semakin tua. Kami memiliki tiga generasi bersama-sama sekarang," katanya.

Selandia Baru menutup perbatasannya pada Maret 2020 - bahkan mengharuskan warga yang kembali untuk menyelesaikan karantina berminggu-minggu setelah masuk.

Ketika mengumumkan pembukaan kembali perbatasan awal tahun ini, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan, negara Pasifik Selatan itu siap menyambut dunia kembali.

Ekonomi Selandia Baru sangat bergantung pada pariwisata dari pengunjung internasional, dan operator mengatakan mereka menantikan dimulainya kembali aktivitas.

Seorang juru bicara Air New Zealand mengatakan penerbangan pertama yang tiba pada hari Senin membawa pengunjung serta warga yang kembali.

"Mereka akan senang sekali bisa mendarat di pantai Selandia Baru sekali lagi, saat mereka terhubung kembali dengan keluarga, memulai studi atau membangun bisnis mereka," kata Leanne Geraghty.

"Senang rasanya memiliki turis internasional yang dapat mengunjungi negara kita yang indah lagi," pungkasnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id