Pidato Xi Jinping Soal Kedaulatan Sindir Amerika Serikat

    Marcheilla Ariesta - 23 Oktober 2020 17:07 WIB
    Pidato Xi Jinping Soal Kedaulatan Sindir Amerika Serikat
    Presiden Tiongkok Xi Jinping sindir Amerika Serikat. Foto: AFP
    Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan tidak akan pernah membiarkan kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunannya diganggu. Ia menegaskan rakyat Tiongkok tidak boleh dianggap enteng.

    "Setiap tindakan unilateralisme, monopoli, dan intimidasi tidak akan berhasil dan hanya akan mengarah pada jalan buntu," kata Xi dalam pidatonya, dilansir dari Malay Mail, Jumat, 23 Oktober 2020.

    "Biarkan dunia tahu bahwa rakyat Tiongkok saat ini terorganisir, dan tidak boleh dianggap enteng," imbuhnya mengutip Mao Zedong, bapak pendiri Republik Rakyat Tiongkok.

    Xi berbicara pada peringatan 70 tahun penempatan pasukan Tiongkok di Semenanjung Korea. Pasukan Tiongkok membantu Korea Utara melawan pasukan PBB dan Korea Selatan yang dipimpin AS selama perang 1950-1953.

    Xi tidak secara langsung merujuk pada Amerika Serikat, yang kini hubungannya berada di titik terendah dengan Tiongkok. Namun jelas, pernyataannya itu untuk menyindir AS.

    Tak hanya itu, presiden Tiongkok ini juga menyerukan untuk mempercepat modernisasi pertahanan dan angkatan bersenjata mereka.

    "Tanpa tentara yang kuat, tidak akan ada ibu pertiwi yang kuat," tegasnya.

    Amerika Serikat saat ini tengah gencar mendekati Taiwan dan beberapa negara di kawasan Asia dan Pasifik. Langkah AS ini untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki 'bantuan' di kawasan untuk melawan Tiongkok.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id