3 Kombinasi Pemicu ‘Badai Sempurna’ Lonjakan Kasus Covid-19 India

    Fajar Nugraha - 29 April 2021 09:19 WIB
    3 Kombinasi Pemicu ‘Badai Sempurna’ Lonjakan Kasus Covid-19 India
    Ambulans di India yang membawa korban covid-19. Foto: AFP



    New Delhi: Kondisi covid-19 di India mencapai tingkat tertinggi selama enam hari berturut-turut. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebut tiga kombinasi penting yang memicu peningkatan angka covid-19 di India.

    WHO menyampaikan bahwa gelombang infeksi covid-19 di India adalah hasil dari ‘badai sempurna’ kerumunan massal dalam jumlah besar, varian yang lebih menular dan tingkat vaksinasi yang rendah.






    Baca: Pasien Covid-19 India Bertahan di Tenda Darurat untuk Dapatkan Oksigen.

    Kasus virus korona baru India tetap di atas 300.000 selama enam hari berturut-turut pada Selasa. Sementara angkatan bersenjatanya telah menjanjikan bantuan medis mendesak untuk membantu memerangi lonjakan infeksi yang membanjiri rumah sakit dan krematoriumnya.

    “WHO menyediakan peralatan dan pasokan penting ke India, termasuk 4.000 konsentrator oksigen, yang hanya membutuhkan sumber energi,” kata Juru Bicara WHO Tarik Jasarevic, seperti dikutip Al Jazeera Kamis 29 April 2021.

    Sementara korban tewas di India sekarang mencapai lebih dari 200.000, dan rumah sakit yang tidak memiliki pasokan oksigen yang cukup dan tempat tidur menolak pasien virus korona.

    “Saat ini, sebagian masalahnya adalah banyak orang yang dibawa ke rumah sakit (juga karena mereka tidak memiliki akses informasi/ nasihat), meskipun pemantauan perawatan berbasis rumah di rumah dapat dikelola dengan sangat aman,” ucap Jasarevic.

    “Kurang dari 15 persen orang yang terinfeksi covid-19 membutuhkan perawatan di rumah sakit dan bahkan lebih sedikit yang membutuhkan oksigen,” tambahnya.

    Jasarevic menambahkan, pusat tingkat komunitas harus menyaring dan melakukan triase pasien dan memberikan nasihat tentang perawatan di rumah yang aman. Sementara informasi juga tersedia melalui hotline atau dasbor.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id