Sebut Sinovac Aman, Pemimpin Hong Kong Divaksin Hari Ini

    Marcheilla Ariesta - 22 Februari 2021 19:04 WIB
    Sebut Sinovac Aman, Pemimpin Hong Kong Divaksin Hari Ini
    Pemimpin Hong Kong Carrie Lam divaksinasi covid-19 Sinovac. Foto: AFP.
    Hong Kong: Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam telah menerima vaksin virus korona (covid-19) Sinovac dari Tiongkok pada Senin, 22 Februari 2021. Vaksinasi Lam ditayangkan langsung untuk meningkatkan kepercayaan publik jelang peluncuran vaksin di sana.

    Sinovac adalah vaksin yang pertama disetujui di Hong Kong, disusul vaksin dari Pfizer-BioNTech yang akan tiba sebelum akhir Februari nanti.

    Peluncuran vaksin di kota itu tertinggal dari kota-kota maju lainnya di Tiongkok daratan yang bahkan sudah dimulai Juli tahun lalu.

    Mengenakan kaos putih, Lam mendapat vaksin pertama di lokasi vaksinasi yang berada di perpustakaan pusat Hong Kong. Menteri kabinetnya, termasuk Menteri Kesehatan Hong Kong, Sophia Chan, dan Menteri Administrasi Matthew Cheung juga mendapatkan inokulasi pertama mereka hari ini.

    Usai divaksin, Lam mengimbau semua warga untuk mendapatkan suntikan.

    "Dibutuhkan kolaborasi penuh dari rakyat Hong Kong untuk membantu masyarakat kita pulih secepat mungkin," tuturnya, dilansir dari Channel News Asia.

    Sementara itu, Menkes Chan menuturkan pemerintah berusaha meyakinkan warga yang khawatir dengan penggunaan Sinovac. Ia mengatakan bahwa standar belum diturunkan dan tidak ada tekanan dari Beijing agar menyetujui vaksin tersebut.

    Baca juga: 43 Juta Vaksin Sinopharm telah Digunakan di Seluruh Dunia

    Sebanyak satu juta dosis vaksin Sinovac tiba dari Beijing di Hong Kong pada Jumat pekan lalu. Sebanyak 7,5 juta penduduk Hong Kong yang sudah mendaftar secara daring akan mendapat vaksinasi mulai 26 Februari mendatang.

    Pemerintah juga menyebutkan warga diizinkan memilih jenis vaksin.

    Sentimen anti Tiongkok daratan telah meningkat di Hong Kong sejak 2019, Saat pengunjuk rasa turun ke jalan untuk berdemonstrasi menentang 'penguatan' Beijing atas wilayah tersebut.

    Sebuah survei pada Januari lalu oleh University of Hong Kong menemukan bahwa kurang dari 30 persen orang yang ditanyai mengatakan mereka akan menerima vaksin Sinovac.

    Hong Kong telah mendapatkan total 22,5 juta dosis vaksin covid-19 dari Pfizer, Sinovac dan AstraZeneca. Kota ini telah mencatat sekitar 10.800 kasus sejak Januari lalu dan 197 kematian.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id