Jaringan Listrik Pakistan Berangsur Pulih usai Pemadaman Nasional

    Willy Haryono - 10 Januari 2021 18:05 WIB
    Jaringan Listrik Pakistan Berangsur Pulih usai Pemadaman Nasional
    Kondisi kota Islamabad saat terjadinya pemadaman listrik berskala nasional pada Sabtu malam, 9 Januari 2021. (AFP)
    Islamabad: Jaringan dan pasokan aliran listrik di seantero Pakistan berangsur pulih pada Minggu, 10 Januari 2021, setelah sempat padam total sejak Sabtu malam. Pemadaman ini berimbas pada jutaan warga di sejumlah kota besar di Pakistan, termasuk ibu kota Islamabad.

    "Saat ini sistemnya sudah stabil, dan pasokan listrik sudah pulih untuk beberapa kota besar," kata Menteri Energi Pakistan Omar Ayub kepada awak media, dikutip dari laman DW.

    Ayub mengatakan, pemulihan akan terus berlangsung sepanjang Minggu ini. Menurutnya, kondisi kelistrikan di Pakistan akan pulih sepenuhnya dalam beberapa jam ke depan.

    Kementerian Energi Pakistan mengatakan, pemadaman listrik berskala nasional ini terjadi akibat adanya kerusakan di sistem transmisi. Ayub menyebut, kerusakan tersebut terjadi di pembangkit listrik Guddu yang berlokasi di provinsi Sindh.

    Baca:  Gelap Gulita! Pakistan Dilanda Pemadaman Listrik Berskala Nasional

    Kerusakan di pembangkit listrik tersebut memicu padamnya aliran listrik untuk banyak wilayah di Pakistan sekitar 20 menit menjelang Minggu dini hari.

    "Pemadaman listrik di seantero negeri terjadi karena adanya penurunan drastis frekuensi di sistem transmisi, dari angka 50 menjadi 0 dalam kurun waktu kurang dari 1 detik," sebut Ayub.

    Menggunakan Twitter, Ayub menginformasikan kelanjutan dari upaya pemulihan aliran listrik, seperti fasilitas mana saja yang sudah beroperasi seperti biasa.

    Pemadaman listrik ini merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah Pakistan. Pada 2015, sekitar 80 persen wilayah di Pakistan sempat kehilangan aliran listrik usai salah satu jaringan transmisi kelistrikan mengalami kerusakan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id