Australia Gabung AS Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022

    Medcom - 08 Desember 2021 10:04 WIB
    Australia Gabung AS Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022
    Australia dan Amerika Serikat (AS) melakukan boikot diplomatik Olimpiade Beijing 2022. Foto: AFP



    Sydney: Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan pada Rabu, 8 Desember 2021, pihaknya akan bergabung dengan Amerika Serikat (AS) dalam boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin di Beijing, Tiongkok. Langkah ini menjadi sebuah keputusan yang berisiko merusak hubungan bilateral.

    Sebelumnya, Gedung Putih AS pun resmi menyatakan pada Senin, pejabat pemerintahnya memboikot Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan berlangsung pada 2022.

     



    Dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 8 Desember 2021, boikot tersebut dikarenakan “kekejaman” Hak Asasi Manusia (HAM) Tiongkok, hanya beberapa minggu setelah pembicaraan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan hubungan antara kedua negara adidaya.

    Baca: AS Resmi Umumkan Boikot Diplomatik untuk Olimpiade Beijing 2022.

    Tiongkok mengatakan, “AS akan membayar harga untuk keputusannya dan memperingatkan tindakan balasan yang tegas sebagai tanggapan”.

    Terlepas dari ancaman itu, pejabat Australia berusia 53 tahun tersebut mengatakan, negaranya akan bergabung dengan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin berikutnya.

    “Oleh karena itu, pejabat pemerintah Australia (akan), tidak akan pergi ke Tiongkok untuk Olimpiade itu. Namun, atlet Australia akan pergi,” kata Morrison kepada wartawan di Sydney.

    Morrison menjelaskan, keputusan itu dibuat karena perjuangan Australia dalam membuka kembali saluran diplomatik dengan Tiongkok. Bahasan tersebut terkait dugaan pelanggaran HAM di Xinjiang dan langkah Tiongkok untuk memperlambat dan memblokir impor barang-barang Australia.

    Pejabat pemerintah Australia diketahui tidak dapat berbicara dengan rekan-rekan mereka dalam beberapa bulan, dengan komunikasi dilakukan melalui diplomat.

    Boikot formal disebut berisiko semakin mempererat hubungan Australia dengan Tiongkok, mitra dagang terbesarnya, yang memburuk setelah Australia melarang Huawei Technologies dari jaringan broadband 5G pada 2018.

    Selain itu, Australia menyerukan penyelidikan independen terhadap asal usul covid-19. Tiongkok menanggapi dengan mengenakan tarif pada beberapa komoditas Australia, termasuk batu bara, daging sapi, jelai, dan anggur.

    Morrison mengatakan, gangguan perdagangan lebih lanjut akan “sepenuhnya dan sama sekali tidak dapat diterima”.

    Komite Olimpiade Australia (AOC) mengatakan, boikot diplomatik tidak akan berdampak pada 40 atlet dari Negeri Kanguru tersebut, diperkirakan akan berlaga di Olimpiade Musim Dingin yang dimulai pada Februari tahun depan. (Nadia Ayu Soraya)

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id