comscore

Tiongkok Sebut Kapal Perang AS Masuk Laut China Selatan Secara Ilegal

Marcheilla Ariesta - 20 Mei 2021 18:00 WIB
Tiongkok Sebut Kapal Perang AS Masuk Laut China Selatan Secara Ilegal
Kapal AS di perairan Laut China Selatan. Foto: AFP.
Beijing: Tiongkok mengatakan kapal perang Amerika Serikat (AS) secara ilegal memasuki perairan teritorial mereka di Laut China Selatan. Ini menjadi serangan terbaru dalam perselisihan kedua negara atas klaim teritorial Beijing di perairan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Komando Teater Selatan militer Tiongkok mengatakan USS Curtis Wilbur masuk perairan dekat Kepulauan Paracel tanpa izin. Ia mengatakan kapal dan pesawat mereka mengikuti kapal AS tersebut.
"Tiongkok menentang tindakan AS yang melanggar kedaulatan kami dan merusak perdamaian dan stabilitas regional," kata Komando Teater Selatan  Tiongkok, dilansir dari Malay Mail, Kamis, 20 Mei 2021.

Sementara itu, Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan USS Curtis Wilbur berlayar untuk menegaskan hak navigasi dan kebebasan di dekat Kepulauan Paracel.

"Klaim sepihak dari setiap otorisasi atau persyaratan pemberitahuan awal untuk perjalanan di wilayah bebas navigasi, tidak diizinkan oleh hukum internasional," kata Armada ke-7 AL AS dalam pernyataan mereka.

Baca juga: Kapal Induk Tiongkok Berlatih di Laut China Selatan

Laut China Selatan menjadi salah satu penyebab hubungan AS dan Tiongkok memburuk. Washington menolak klaim teritorial tidak sah dari Tiongkok, sementara Beijing bersikeras perairan itu bagian kedaulatan mereka.

Frekuensi kapal perang AS melewati perairan tersebut terus meningkat setiap tahunnya. Ini menjadi langkah AS unjuk kekuatan terhadap klaim Tiongkok.

(WAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id