comscore

Bikin Panas Tiongkok, Australia-Jepang Akan Tandatangani Pakta Pertahanan

Marcheilla Ariesta - 05 Januari 2022 20:43 WIB
Bikin Panas Tiongkok, Australia-Jepang Akan Tandatangani Pakta Pertahanan
PM Australia Scott Morrison sebut negaranya dan Jepang akan tandatangani pakta keamanan./AFP
Canberra: Australia dan Jepang akan menandatangani pakta pertahanan dan keamanan. Langkah ini hampir dapat dipastikan akan memicu ketegangan di kawasan.

Perjanjian tersebut adalah yang pertama untuk Jepang, selain sebelumnya dengan Amerika Serikat (AS) dan PBB. Pakta ini menandai langkah lebih dekat Australia dan Jepang, dalam hubungan yang kerap disebut aliansi semu.
Penandatanganan pakta keamanan dan pertahanan akan dilakukan dalam pertemuan puncak Australia dan Jepang secara virtual pada Kamis, 6 Januari 2022.

"Penandatanganan Perjanjian Akses Timbal Balik (RAA) akan mendukung keterlibatan praktis yang lebih besar dan lebih kompleks antara Angkatan Pertahanan Australia dan Pasuka Bela Diri Jepang," kata Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, dilansir dari Straits Times, Rabu, 5 Januari 2022.

Baca juga: Tiongkok: AUKUS Bertujuan Merusak Arsitektur Kerja Sama Regional ASEAN

"Perjanjian ini akan menjadi pernyataan komitmen kedua negara kita untuk bekerja sama dalam memenuhi tantangan keamanan strategis bersama yang kita hadapi dan untuk berkontribusi pada Indo-Pasifik yang aman dan stabil," lanjut dia.

Di bawah pengawasan PM Morrison, hubungan Australia dengan Tiongkok menurun drastis. Padahal, Beijing merupakan mitra dagang terbesar Canberra.

Hubungan Jepang dengan Tiongkok juga berubah dingin karena tindakan keras Beijing terhadap Hong Kong. Ketegangan di Selat Taiwan juga menjadi pemicu lainnya.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id